Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom Mengembangkan Talenta Digital Jadi Pemimpin Muda Masa Depan

BACA JUGA




FinTechnsia.com | PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengambil peran sebagai lokomotif digitalisasi fokus bertransformasi dari sisi bisnis dan pengembangan sumber daya manusia. 

Saat ini BUMN di Indonesia baru memiliki total 1% digital talent. Sedangkan minimal total yang dibutuhkan adalah 20%.

“Telkom dan Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital harus menjadi tulang punggung ekonomi digital Indonesia. Dengan terus berinovasi, ekosistem digital Indonesia bisa dimiliki kembali oleh negeri,” ujar Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam rilis, Jumat (14/10).

Merujuk pada data Kementerian BUMN, jumlah pemimpin kalangan muda akan meningkat 10% pada tahun 2023. Sedangkan, berdasarkan data Bank Dunia, pertumbuhan sektor teknologi hingga tahun 2030 akan membuat Indonesia kekurangan sebanyak 9 juta talenta digital. 

Untuk mewujudkan visi menjadi digital telco dengan terus mengembangkan talenta digital tersebut, Telkom memiliki setidaknya tiga program yang dapat mewadahi talenta digital dari sisi internal perusahaan maupun eksternal untuk berkembang dan berinovasi.

Tiga program inisiatif tersebut adalah Tribe, Amoeba dan Indigo. Melalui ketiga program tersebut, talenta digital dapat menyalurkan ide kreativitas serta inovasi untuk kemudian dikembangkan melalui startup.

“Dengan terbentuknya talenta terbaik, teknologi digital yang mumpuni, serta ekosistem bisnis yang kuat, Indonesia bisa menjadi pelaku utama ekonomi di regional bahkan dunia, ” ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah.

Saat ini, Telkom memiliki top digital talent dengan sebanyak 51,15% dari total karyawan adalah generasi milenial. Bahkan bisnis digital perusahaan pun dipunggawai pimpinan muda berprestasi. 

Telkom juga merupakan BUMN pertama yang memperoleh sertifikasi Great Place to Work berdasarkan survey yang diselenggarakan oleh GPTW Institute dengan nilai 91%.

Survey yang dilakukan terhadap karyawan tersebut menandakan bahwa Telkom merupakan perusahaan yang baik dalam pengelolaan sumber daya manusia. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER