Senin, 5 Desember 2022

Grab dan Mastercard Gelar Program Keterampilan Digital Bagi Pekerja Lepas dab UMKM

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Grab dan Mastercard mengumumkan program regional Small Business, Big Dreams. Program ini meningkatkan keterampilan digital para pekerja lepasan dan pelaku usaha kecil di Indonesia, Filipina, dan Vietnam. 

Kolaborasi ini merupakan bagian dari Strive Community, sebuah inisiatif filantropi global yang dikembangkan oleh Mastercard Center for Inclusive Growth dan Caribou Digital. Strive Community bertujuan mendukung ketahanan dan pertumbuhan lima juta usaha kecil di seluruh dunia.

Program ini mencakup peluncuran dua kursus bisnis online untuk mitra pengemudi dan pengantaran Grab yang ingin memulai bisnis baru. Serta pemilik usaha kecil yang ingin tumbuh dalam ekonomi digital yang kompetitif. 

Program ini bertujuan memungkinkan para pelaku usaha kecil mencapai potensi penuh mereka dengan mendukung upaya digitalisasi dan memberikan akses terhadap layanan keuangan bagi mereka, agar dapat berpartisipasi secara lebih efektif dalam ekonomi digital.

Banyak masyarakat Asia Tenggara yang bekerja di sektor informal menginginkan lebih, tetapi kenyataannya banyak dari mereka tidak memiliki sarana atau kesempatan untuk mengakses program pelatihan yang berkualitas. 

“Melalui kemitraan kami dengan Mastercard Center for Inclusive Growth, kami berharap dapat memberikan dorongan kepada para pekerja lepas dan usaha kecil untuk memulai. Program “Small Business, Big Dreams” akan membekali mereka dengan pengetahuan bisnis dan keterampilan praktis melalui perjalanan pembelajaran terstruktur yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat mereka,” kata Cheryl Goh, Group Head of Marketing and Sustainability, Grab, Rabu (12/10).

Baca Juga: Paylater Marak, Bank DBS Indonesia dan Mastercard Luncurkan Kartu Kredit Digital digibank Black

Ekonomi digital menawarkan berbagai kemungkinan dan peluang yang dapat membantu bisnis dari semua ukuran menjadi lebih tangguh dan tumbuh dengan cara yang lebih berkelanjutan. 

“Mastercard senang bekerja sama dengan Grab dalam inisiatif ini, yang akan meningkatkan kapasitas digital dan inklusi calon wirausahawan dan usaha kecil pasca pandemi,” kata Payal Dalal, Senior Vice President Social Impact, International Markets,Mastercard Center for Inclusive Growth.

Mastercard secara global berkomitmen untuk menjadikan 1 miliar orang dan 50 juta usaha mikro dan kecil bagian dari ekonomi digital pada tahun 2025. 

“Pengumuman hari ini melanjutkan keberhasilan Mastercard Academy 2.0 di Indonesia, Business Cell di Filipina, HER Project Digital Wage BSR di Kamboja, serta Care Ignite di Vietnam, yang telah memberdayakan jutaan usaha kecil untuk mengakses teknologi, pelatihan, bimbingan, dan layanan keuangan,” tambah Payal.

Usaha kecil berperan penting di Indonesia, memberikan kontribusi hingga 27% dari produk domestik bruto (PDB). Meskipun 80%-90% usaha kecil dan menengah di Asia Tenggara kehilangan pendapatan karenalockdown saat pandemi COVID-19, banyak yang mampu melewati tantangan ini dengan beralih ke digital, dengan keuntungan bisnis online kembali lebih cepat. 

Dua kursus online baru, yaitu Driver Entrepreneurship Toolkit dan Small Business Toolkit, berdasarkan hasil survei lebih dari 25.367 mitra pengemudi dan 100 usaha kecil di wilayah tersebut. Meskipun hampir semua usaha kecil yang disurvei di Indonesia menggunakan smartphone untuk bisnis mereka, 58% masih mengandalkan proses manual untuk mengelola bisnis mereka. (iwa)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER