Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ekonomi Lesu, Bank Indonesia Lanjutkan Kebijakan Uang Muka Nol Persen KPR dan Kredit Kendaraan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Indonesia (BI) kembali melanjutkan kebijakan uang muka atau down payment (DP) nol persen pada kredit pembiayaan otomotif hingga properti. Peranjangan itu dmulai 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, kebijakan memperpanjang DP nol persen agar mendorong kredit pembiayaan. Itu sebagai upaya untuk memulihkan perekonomian nasional.

“Kami memperpanjang kebijakan uang muka 0% pada kredit otomotif, maupun uang muka nol persen kepada kredit properti. Semula akan berakhir tahun ini kami perpanjang setahun hingga 2023,” ujar Perry, Kamis (20/10).

Baca juga: Bank Indonesia Merestui Transaksi KPR dengan Uang Muka 0%

Kebijakan DP nol persen untuk semua jenis kendaraan bermotor baru. Dalam hal ini dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko.

BI juga melanjutkan pelonggaran rasio loan to value/financing to value (LTV/FTV) kredit atau pembiayaan properti menjadi paling tinggi 100% di semua jenis properti. Di antaranya rumah tapak, rumah susun, serta ruko.

Relaksasi tersebut diberikan bagi bank yang memenuhi kriteria risiko kredit atau NPL maupun NPF tertentu. Untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor properti, dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko. (jos)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER