Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

BI Naikkan Bunga Acuan 50 Basis Poin Menjadi 4,75%, Ini Target Penyaluran Kredit Hingga Akhir 2022

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada pekan lalu memutuskan menaikkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,75%.

Lalu suku bunga deposit facility  sebesar 50 bps menjadi 4% dan suku bunga Lending Facility  sebesar 50 bps menjadi 5,5%.

Keputusan kenaikan suku bunga tersebut sebagai langkah front loadedpre-emptive, dan forward looking. Langkah ini menurunkan ekspektasi inflasi yang saat ini terlalu tinggi (overshooting). Serta memastikan inflasi inti ke depan kembali ke dalam sasaran 3,0±1% lebih awal yaitu ke separuh pertama 2023.

Baca juga: Naikkan Bunga Acuan 0,25 bps Menjadi 3,75%, Ini Pertimbangan BI

Langkah ini juga serta memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah agar sejalan dengan nilai fundamentalnya akibat semakin kuatnya mata uang dolar Amerika Serikat dan tingginya ketidakpastian pasar keuangan global, di tengah peningkatan permintaan ekonomi domestik yang tetap kuat. 

“Dengan memperhatikan perkembangan tersebut serta upaya sinergis yang otoritas, sektor keuangan, dan dunia usaha, maka pertumbuhan kredit pada 2022 diperkirakan berada pada kisaran 9 %- 11% year on year (yoy),” terang Gubernur BI, Perry Warjiyo, pekan lalu. (jos)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER