Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Transisi Energi PLN Dapat Kucuran Pembiayaan dari PT Sarana Multi Infrastruktur 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT PLN (Persero) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI)
meneken nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU). Keduanya mendukung agenda pemerintah dalam percepatan transisi energi di Indonesia, sebagai salah satu agenda prioritas Presidensi G20 Indonesia 2022.

Kolaborasi mereka fokus pada pengembangan skema pembiayaan dan investasi
sehubungan dengan program transisi energi PLN. Termasuk program early retirement proyek pembangkit listrik tenaga uap.

Energy transition mechanism merupakan mekanisme transisi dari penggunaan batu bara sebagai sumber energi ke energi baru terbarukan. Bertujuan mencapai target pemerintah dalam pengendalian emisi gas rumah kaca menjadi sebesar 31.89% dengan usaha sendiri di tahun 2030. Serta pencapaian emisi nol bersih pada 2060. 

Salah satu sektor yang dapat berkontribusi langsung dalam penurunan emisi gas rumah kaca ini adalah sektor energi. Sektor ini menggunakan batu bara sebagai
sumber energi, yang memiliki dampak emisi karbon cukup tinggi. 

Sehingga memerlukan kolaborasi para pemangku kepentingan untuk bersama melakukan transisi energi ini pada berbagai sektor kerja sama baik sosial, lingkungan, teknologi, hingga pembiayaan.

Baca juga: Debt Fundraising PT Sarana Multi Infrastruktur Dapat Dukungan DBS

Skema pembiayaan dan investasi nergy transition mechanism melalui skema blended finance atau pendanaan campuran. Baik yang berasal dari kombinasi dana pemerintah Indonesia melalui skema spesifik, dana multilateral, dan dana komersial yang berasal baik melalui pinjaman maupun instrumen pasar modal.

Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad menyampaikan, country platform manager ETM bertugas mengelola mekanisme transisi energi Indonesia, yang dapat bersumber dari pendanaan komersial dan non-komersial berkelanjutan. Seperti pendanaan dari Indonesia sovereign wealth fund, serta pembiayaan dari lembaga donor/filantropis, lembaga multilateral/bilateral, dan lembaga internasional lainnya. 

“Kerja sama dengan PLN dalam membiayai program transisi energi ini tentu akan melibatkan berbagai pihak dalam skema blended finance,” kata Edwin, pekan lalu. 

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan PLN dan PT SMI akan bersama-sama menyusun skema atas rencana pembiayaan dan investasi dari early retirement guna mendukung percepatan transisi dari batu bara ke energi terbarukan.

“PLN akan mendukung inisiatif tersebut melalui penyediaan informasi informasi proyek terkait energy transition mechanism (ETM) dan pemenuhan persyaratan untuk memperoleh fasilitas pembiayaan dari PT SMI dan/atau pihak ketiga yang menjadi mitra PT SMI,” terang Darmawan. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER