Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

LinkAja dan BRI Meluncurkan Layanan Paylater

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Mempererat sinergi antara ekosistem BUMN, LinkAja, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Pegadaian kembali mempererat kerjasama. LinkAja menjalin kerja sama dengan BRI untuk mengembangkan fitur paylater.

Sementara dengan Pegadaian, LinkAja mempererat sinergidalam hal digitalisasi
pembayaran remunerasi (cash disbursement) kepada ribuan peserta magang.

LinkAja optimistis, dua kolaborasi ini mampu mempercepat upaya pemerintah mewujudkan inklusi keuangan dan mendorong transaksi non-tunai di semua lapisan masyarakat yang lebih luas lagi di Indonesia.

Kerjasama LinkAja dan BRI telah terjalin sejak tahun 2020, di beberapa bidang lain. Seperti cardless withdrawal, opening saving account dan direct debit.

Nah, fitur paylater untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang membutuhkan akses layanan kredit tanpa kartu. Sehingga memberikan kredit konsumtif kepada para pengguna.

Para pengguna dapat menggunakan fitur paylater di berbagai layanan LinkAja. Seperti pembelian pulsa, bayar tagihan telepon dan TV berlangganan, pembayaran
tagihan listrik atau beli token listrik, bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang bermitra dengan LinkAja, hingga melakukan donasi dan mengirim uang.

Sedangkan kerjasama Pegadaian dan LinkAja sudah berjalan dengan adanya program penyaluran dana kepada kurang lebih 14.000 karyawan Pegadaian yang dilakukan setiap bulann.

Kini cakupan kerjasama tersebut diperluas melalui melalui penyaluran dana kepada para peserta magang yang berada di 12 Kantor Wilayah Pegadaian di seluruh Indonesia. Saat ini, Pegadaian telah mendigitalisasi pembayaran pada kegiatan magang di ekosistem Pegadaian seluruh Indonesia.

Baca juga: Pengguna dan Transaksi QRIS LinkAja dan LinkAja Syariah Meningkat

Yogi Rizkian Bahar, Direktur Utama LinkAja, mengatakan, misi LinkAja
adalah membangun kerjasama sinergi BUMN dan menjadi platform layanan keuangan digital yang melayani kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Melihat tren positif fitur paylater, kami terinspirasi mengembangkan layanan fitur ini bersama BRI. Sedangkan perluasan kerjasama bersama Pegadaian, kami berharap agar setiap segmen masyarakat akan lebih paham dengan digitalisasi pembayaran yang dapat memudahkan kegiatan transaksi kebutuhan sehari-hari,” kata Yogi, Kamis (10/11).

LinkAja kini telah memiliki lebih dari 87 juta pengguna terdaftar. Pengguna dapat menikmati layanan payLater untuk bertransaksi di lebih dari 2,3 juta merchant rekanan LinkAja, serta penggunaan tidak terbatas di berbagai platform BUMN, Marketplace, dan SuperApp.

Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani mengungkapkan, BRI selalu mendorong upaya percepatan digitalisasi jasa keuangan dalam rangka mendukung upaya pemerintah atas program inklusi keuangan nasional.

“Melalui sinergi dengan LinkAja ini semakin memperkuat literasi keuangan di kalangan masyarakat melalui ekosistem layanan keuangan yang lengkap,” ungkap Handayani.

Sementara Pegadaian juga membuka berbagai potensi bentuk kerjasama lain. Antara lain pemberian manfaat investasi bagi karyawan LinkAja, pemberian manfaat investasi bagi mitra LinkAja maupun kolaborasi pemanfaatan Bank Sampah.

Ferry Hariawan, Senior Vice President Hubungan Kelembagaan PT Pegadaian menyampaikan, Pegadaian memahami digitalisasi merupakan bagian dari perkembangan zaman dan telah menjadi fokus pemerintah.

Pegadaian meyakini, hal ini dapat meningkatkan layanan dan memudahkan kebutuhan bertransaksi sehari-hari,” kata Ferry. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER