Senin, 5 Desember 2022

Bank BNI Memberikan Fasilitas Intraday Ke KPEI Sebesar Rp 1,8 Triliun

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Bank BNI mendukung pelaksanaan transaksi efek di Indonesia melalui penyediaan fasilitas intraday kepada Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) senilai Rp 1,8 Triliun.

Fasilitas intraday merupakan fasilitas pembiayaan oleh bank pembayaran dalam hal ini BNI, kepada KPEI. Ini untuk mendukung continuous settlement dalam proses penyelesaian transaksi bursa.

Fasilitas intraday ini bertujuan untuk pemenuhan hak terima uang anggota kliring yang telah menyelesaikan seluruh kewajiban serah efek. Sehingga pemenuhan hak terutama uang anggota kliring dapat lebih cepat tanpa menunggu kewajiban serah dari anggota kliring lainnya.

Direktur Institutional Banking BNI, Sis Apik Wijayanto menyampaikan, kerja sama ini juga tanda bahwa BNI sebagai salah satu bank milik negara yang turut berperan dalam memberikan kontribusi positif pada dunia pasar modal. Hal ini merupakan salah satu strategi perseroan untuk menciptakan ekosistem keuangan di pasar modal yang lebih baik.

“BNI dan KPEI akan terus bekerja sama meningkatkan sinergi bisnis antara perbankan dan pasar modal Indonesia,” kata Sis Apik, pekan lalu.

Direktur Utama KPEI, Iding Pardi mengatakan, peran dan fungsi KPEI adalah sebagai central counterparty di pasar modal Indonesia yang memiliki tugas utama dalam menjamin kelancaran proses penyelesaian transaksi bursa dengan konsep yang disebut continous settlement.

Dengan fasilitas ini, dia juga berpendapat tugas KPEI akan menjadi lebih baik terlebih di tengah minat investasi dari para investor baru dalam negeri yang terus meningkat.

“Semoga ini menjadi sentimen yang positif bagi para investor untuk terus meningkatkan kepercayaannya kepada pasar modal Indonesia,” ujarnya. (nin)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER