Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

XLFL National Conference 2022, Mahasiswa Ciptakan Proyek AI – IoT Berbasis 5G

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Masifnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi digital membuat perubahan di berbagai bidang kehidupan nampak semakin terasa. Adanya kemudahan dan efisiensi membuat perkembangan teknologi digital kian masif yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar serta masyarakat.

Dengan meningkatnya kebutuhan akan pemanfaatan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, memunculkan tantangan baru bagi para anak muda untuk dapat membantu mengembangkan hal tersebut.

Untuk mendukung hal tersebut, XL Axiata Future Leaders (XLFL) memfasilitasi generasi muda dengan memberikan pelatihan internet of things (IoT) yang telah terintegrasi dalam kurikulum XLFL.

Sebagai acara rutin tahunan, XL Axiata kembali menggelar National Conference. Sebanyak 138 mahasiswa awardee yang telah menyelesaikan program XL Axiata Future Leaders (XLFL) Batch 9 selama dua tahun penuh akan diwisuda.

Mereka berasal dari 52 kampus yang berada di enam Provinsi. Seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan lain sebagainya.

Baca juga: XLFL Mengisi Kuliah Kepemimpinan di FISIP UGM

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan, tugas pembuatan proyek berbasis kecerdasan buatan (AI )dan IoT diberikan kepada pada XLFLawardees sebagai bentuk respon dari masifnya kemajuan teknologi. 

“XL Axiata berharap, program ini dapat membentuk kemampuan awardees untuk mensistematisasi penyelesaian masalah manusia ke dalam bentuk model yang bisa diimplementasikan oleh komputer yang menerapkan pengambilan keputusan berbasis data tanpa intervensi manusia,” terang Dian, Ahad (27/11).

Dian menambahkan, tahun ini teknologi ‘AI’ turut disertakan ke dalam proyek yang harus dibuat oleh mahasiswa XLFL. Penambahan unsur AI ini dilatarbelakangi oleh adanya tantangan dari operator telekomunikasi dalam menghadapi era 5G.

Selain itu, adanya kebutuhan industri dalam hal pengambilan keputusan berbasis data tanpa intervensi manusia. Selanjutnya, produk inovatif berbasis AI disinyalir akan menjadi trend di masa yang akan datang.

Penting bagi generasi muda untuk memahami dan menguasai kompetensi digital, dan peserta XLFL juga dituntut untuk bisa mengerti, memahami, dan menguasai perkembangan digital tersebut. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER