Senin, 6 Februari 2023

Perlunya Asuransi Properti, Berikut Tiga Cara Dalam Memilihnya

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Selain memberikan ketenangan pikiran, asuransi memberikan jaminan di masa depan bagi perlindungan terhadap diri sendiri maupun aset yang Anda miliki. Asuransi tak hanya soal kesehatan. Rapi juga terdapat asuransi lainya sesuai dengan kebutuhan, mulai dari pendidikan, kendaraan, hingga properti.

Asuransi properti adalah jenis perlindungan atau proteksi terhadap aset properti seperti rumah, apartemen, dan perkantoran. 

Direktur Bisnis Qoala Plus, Tirto Utomo menyatakan, seperti asuransi pada umumnya, tujuan utama dari penggunaan asuransi properti adalah mengantisipasi kerugian finansial akibat kejadian tidak diinginkan yang menimpa properti. 

“Sehingga, memiliki asuransi properti memang sebuah keharusan asal produk yang dipilih harus sesuai kebutuhan dan target,”kata Tirto, Senin (28/11).

Asuransi properti memberikan proteksi terhadap kerugian yang timbul akibat bencana alam atau perbuatan manusia seperti kebakaran dan pencurian. Perusahaan asuransi akan menanggung segala bentuk risiko yang ditimbulkan oleh beberapa masalah tersebut. 

Di sisi lain, memiliki perlindungan yang maksimal dari asuransi properti membuat pemilik properti merasa lebih tenang dan nyaman. Meski tidak memiliki dana yang cukup, permasalahan yang timbul setelah terjadinya risiko seperti kebakaran tidak akan lagi menjadi beban dan tidak akan mempengaruhi kondisi keuangan. 

Pastikan Anda benar-benar memilih asuransi properti yang tepat dengan proses klaim asuransi mudah dan cepat. Berikut ini cara memilih asuransi properti yang tepat menurut Qoala.

Baca juga: Pinhome Luncurkan Aplikasi Properti, Rumah Tangga & Gaya Hidup

1. Pilih asuransi properti sesuai kebutuhan 

Terdapat dua jenis asuransi properti yaitu asuransi properti untuk perlindungan rumah dan properti bisnis. Asuransi rumah fokus memberikan proteksi terhadap rumah Anda dari kerugian skibat bencana alam atau perbuatan manusia. Seperti halnya rumah, properti bisnis juga membutuhkan perlindungan. Terdapat banyak manfaat yang diberikan termasuk pengalihan risiko, pengumpulan dana, dan premi yang seimbang. Secara tidak langsung, asuransi bisnis dapat membantu merangsang pertumbuhan bisnis dengan mencegah kerugian.

2. Perhitungkan nilai kebutuhan uang pertanggungan

Memilih polis asuransi properti memang harus bijak. Ada banyak hal yang harus diperhatikan termasuk jumlah premi dan nilai kebutuhan uang pertanggungan. Jika tidak diperhitungkan dengan tepat, asuransi mungkin tidak bisa mengcover jumlah nilai yang Anda butuhkan untuk properti. Minta bantuan agen untuk membuat estimasi dan perhitungan agar polis asuransi dan nilai pertanggungan tepat sasaran.

3. Bandingkan beberapa polis asuransi

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan polis serupa namun dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saat hendak memilih asuransi untuk perlindungan properti, lebih baik tidak terpaku pada satu pilihan saja. Bandingkan beberapa polis asuransi dan pilih yang hampir mendekati ekspektasi Anda serta pastikan jika polis asuransi tersebut bisa memenuhi kebutuhan perlindungan Anda. (nin)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER