Senin, 6 Februari 2023

Masyarakat Memilih Dompet Digital Dibandingkan Mobile Banking

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Pertumbuhan dan tren pembayaran digital menjadi salah salah satu faktor yang mendukung terwujudnya ekonomi inklusif. Berdasarkan riset oleh aplikasi survey daring Jajak Pendapat (Jakpat),  DANA merupakan dompet digital yang paling populer selama paruh pertama tahun 2022. 

Fitur-fitur tertentu pada dompet digital DANA juga menjadi pilihan pengguna sebagai solusi layanan keuangan modern.

Hasil riset Jakpat terhadap 2.908 responden yang menggunakan pembayaran daring selama paruh pertama tahun 2022 memperlihatkan tren pembayaran digital oleh pengguna Penyedia Jasa Pembayaran (PJP). 

Dalam survei ini, proporsi responden daring disesuaikan dengan populasi pengguna internet di Indonesia. Survei menjangkau responden dari kelompok usia Gen X, Millennial, dan Gen Z, serta kelompok SES atas, menengah, dan bawah, yang berdomisili di daerah DKI Jakarta, Pulau Jawa, dan luar Pulau Jawa. 

Dari hasil survey ini, Jakpat menyatakan bahwa lebih dari sebagian besar responden lebih memilih menggunakan dompet digital dalam bertransaksi dibandingkan menggunakan aplikasi mobile banking. 

Baca juga: Bersama BI dan ASPI, DANA Turut Luncurkan Layanan QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai 

Secara keseluruhan, DANA menduduki posisi pertama sebagai dompet digital yang paling banyak digunakan oleh pengguna. Sebanyak 68% dari total responden yang berdomisili di luar kota-kota besar merupakan pengguna DANA. 

Sari kelompok usia pengguna platform pembayaran digital, DANA juga menjadi dompet digital yang paling populer di antara dompet digital lain, bagi ketiga kelompok usia yaitu Gen X, Millennial, dan Gen Z. 

“Dengan pertumbuhan pengguna DANA yang kini telah mencapai 130 juta, kami berharap teknologi inklusif DANA  menjembatani Indonesia menuju masyarakat nontunai dengan tingkat literasi dan inklusi keuangan yang lebih baik,” ujar Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia, Kamis (1/12).

Pembayaran digital yang terbukti tangguh dalam menghadapi berbagai situasi ekonomi, kini semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran. 

Dalam kategori pembayaran tagihan rumah tangga, 38% responden menggunakan aplikasi DANA untuk membeli atau membayar tagihan listrik, 33% responden juga lebih memilih melakukan pembayaran internet melalui DANA, serta 45% responden melakukan transaksi melalui layanan pembayaran e-Samsat di aplikasi DANA. (iwa)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER