Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bank BTN Kerjasama dengan IBM Consulting  Modernisasi Sistem Perbankan 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | IBM Consulting dalam memodernisasi sistem perbankan Bank Tabungan Negara (BTN). Kerjasama memanfaatkan metodologi tata kelola IBM Cloud Governance.  

Kolaborasi ini merupakan pondasi yang sangat penting untuk memastikan keamanan, kepatuhan dalam penggunaan cloud computing dalam industri perbankan.

Direktur TI & Digital Bank BTN, Andi Nirwoto mengatakan, bagi lembaga keuangan seperti perbankan transformasi digital merupakan mandatory initiative. Transformasi perlu dilakukan agar perbankan mampu menghadapi tantangan yang dihadapi, seperti perubahan pasar, menjaga keamanan data nasabah serta mematuhi regulasi pemerintah.

“Tidak hanya itu, perbankan dituntut mampu memenuhi kebutuhan pelayanan keuangan nasabah secara real time, dimana saja, kapan saja tanpa harus mengunjungi kantor cabang,” jelas Andi, Rabu (30/11).

Guna menjawab tantangan tersebut, Bank BTN sebagai bank yang berfokus dalam pembiayaan perumahan terus bertransformasi. Salah satunya mengadopsi teknologi terkini termasuk penggunaan multi-cloud pada sistem perbankannya. 

“Kami membutuhkan mitra yang dapat membantu menyusun tata kelola cloudagar pemanfaatan multi-cloud bisa berjalan tepat dan optimal. Melalui proses yang ada, kami percaya bahwa IBM Consulting telah memiliki pengalaman yang intensif terkait kebutuhan BTN ini” jelas Andi.

Baca juga: BTN dan IFG Life  Meluncurkan Produk BTN Proteksi 

IBM Cloud Governance adalah kerangka kerja yang terdiri dari penetapan, penegakan, dan pengawasan aktivitas dan pedoman yang diperlukan sebagai bagian dari aturan perilaku untuk penggunaan cloud

Contohnya, tata kelola cloud dapat menangani layanan dari satu atau beberapa penyedia layanan cloud (CSP), termasuk container, AI, application programming interface (API), platform data, dan infrastruktur yang mendukung berbagai proses. Proses tersebut melibatkan kebijakan, interaksi, penyimpanan, atau pengelolaan data dan aplikasi.

BTN optimistis dengan mengoptimalisasi penggunaan multi-cloud akan membantu Bank BTN memberikan kemudahan dan kenyamanan layanan antara lain pembukaan rekening tabungan, pembukaan deposito, permohonan kredit, termasuk juga untuk memilih rumah yang akan dibeli/dilelang.Tidak hanya itu, nasabah juga dapat mengakses laporan dan transaksi keuangan dimana saja dan kapan saja dengan berbagai perangkat digital yang dimiliki.

Dengan berbagai kemudahan layanan bagi nasabah tersebut, tidak hanya dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalty dari nasabah Bank BTN, namun juga mampu mendongkrak fee-based income dan jumlah transaksi melalui current account savings account (CASA) atau dana murah. 

Managing Partner IBM Consulting Indonesia, Andrian Purnam menjelaskan, inti dari setiap strategi transformasi adalah konsumen. Oleh karena itu, perbankan perlu menyesuaikan model bisnis untuk lebih inovatif dan mengadopsi teknologi yang tepat untuk menghadapi perilaku nasabah yang terus berkembang dan ekspektasi yang meningkat era ekonomi digital.

“Melalui IBM Cloud Governance Metodology membantu memodernisasi dan mengelola sistem dan aplikasi perbankan di cloud dengan cara yang terbuka dan aman untuk memfasilitasi kepatuhan terhadap peraturan industri,” kata Andrian. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER