Senin, 6 Februari 2023

Konsep “park city” tingkatkan pembangunan bermutu tinggi di Xinjin

BACA JUGA

- Advertisement -

CHENGDU, Tiongkok, 5 Desember 2022 /PRNewswire/ — Xinjin, distrik terbaru di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya, berupaya meningkatkan pembangunan bermutu tinggi dengan konsep "park city" (kota taman).

Xinjin, distrik terbaru di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya, berupaya meningkatkan pembangunan bermutu tinggi dengan konsep “park city”
Xinjin, distrik terbaru di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya, berupaya meningkatkan pembangunan bermutu tinggi dengan konsep “park city”

Distrik ini merancang model pembangunan yang berpusat di Chengdu Metro Line 10, meliputi zona fungsional industri, serta beberapa area setingkat desa.

Xinjin mengadopsi strategi pembangunan "transit-oriented development (TOD) plus" yang mempromosikan peremajaan dan pengembangan area perkotaan.

Guna mempromosikan perkembangan industri, Xinjing membangun empat zona fungsional industri: Tianfu Mushan Digital New City, Tianfu Intelligent Manufacturing Industrial Zone, China Tianfu Agricultural Expo Park, serta Lihuaxi Cultural Tourism Zone. Keempat zona ini masing-masing berfokus pada unsur pintar, inovatif, pedesaan, serta kebudayaan dan kreatif dari kota taman tersebut.

Di area setingkat desa, mengintegrasikan pembangunan area perkotaan-pedesaan, menggerakkan perkembangan desa dengan dukungan kota-kota kecil di sekitarnya.

Menargetkan pembangunan bermutu tinggi, pemerintah distrik Xinjin giat mengembangkan industri hijau dan rendah karbon, termasuk ekonomi digital, kereta perkotaan, serta energi baru.

Maka, Xinjin mendirikan Tianfu Mushan Digital New City pada Juni 2021 dalam rangka hari jadi Xinjin yang pertama sebagai sebuah distrik. Kota digital baru ini, memiliki komunitas uji coba kota taman seluas enam kilometer persegi, membina klaster industri ekonomi digital.

Sebagai bagian dari ekonomi digital Chengdu dan ekosistem industri kecerdasan buatan, kota digital baru ini akan mempromosikan transformasi digital seluruh distrik secara besar-besaran.

Tianfu Intelligent Manufacturing Industrial Zone mengembangkan klaster industri kereta perkotaan, teknologi pintar, internet industri, kendaraan energi baru, baterai dan penyimpanan energi, sehingga menarik pemimpin industri seperti CRRC serta Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL) untuk mendirikan kegiatan operasional.

CATL meneken perjanjian kerja sama strategis dengan pemerintah kota Chengdu pada Juli lalu. Lewat perjanjian ini, CATL akan membangun kantor pusat regional di wilayah Barat Daya, serta Chengdu Research Institute di Xinjin, menitikberatkan pengembangan dan pemanfaatan energi baru, baterai, serta penyimpanan energi baru.

CATL telah mendirikan basis produksi baterai dengan kapasitas 10 gigawatt jam di Xinjin, kapasitas memadai untuk memasok baterai bagi 100.000 kendaraan listrik.

Demi meningkatkan taraf hidup warga, Xinjin melansir 154 kota taman tahap pertama dan proyek percontohan desa indah tahun ini, semakin mendekatkan masyarakat dengan alam.

 

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER