Selasa, 16 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

BI Terbitkan Whitepaper Rupiah Digital, IPB University Mengupas Roadmap Blockchain Nasional

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan whitepaper sehubungan dengan rencana penerapan rupiah digital atau Central Bank of Digital Currency (CBDC).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University, Ernan Rustiadi menjelaskan, blockchain merupakan suatu distributed ledger technology (DLT) yang bersifat terpercaya, transparan, serta tertelusuri/

“Sehingga menjadikan teknologi blockchain sebuah teknologi yang diakui dunia,” jelas Ernan, Rabu (14/12).

Baca juga: Asosiasi Blockchain Adakan Pertemuan Tertutup di Bali, Bahas Soal Bursa Kripto, NFT dan Banyak Lagi, Intip Lengkapnya di Sini

Menurutnya, landskap digital 2023 akan makin diwarnai oleh penerapan teknologi blockchain, robotik dan kecerdasan buatan. “Sudah banyak penelitian terkait blockchain yang tengah kami kembangkan. Termasuk di dalamnya adalah sertifikasi halal, pencatatan dan pendaftaran surat tanah, dan smart logistic,” jelas  Ernan.

Sementara Yandra Arkeman, salah satu penggagas BRAIN IPB University menyatakan whitepaper BI terkait digital Rupiah sebagai bukti kepercayaan negara terhadap DLT dan blockchain.

Whitepaper BI memotivasi BRAIN IPB University untuk lebih lanjut melakukan beragam penelitian terkait blockchain, DLT dan uang digital. Terkait pengembangan blockchain BRAIN IPB University telah memulai menjalin kerja sama dengan berbagai pihak,” terang Yandra.

Asih Karnengsih – Chairwoman Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) menegaskan, ABI terus melakukan advokasi dan sosialisasi ke semua pihak termasuk Pemerintah dan BUMN. “Kami siap berdiskusi dan memfasilitasi semua hal terkait blockchain,” tutup Asih. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER