Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Mengurangi Polusi, Telkomsel dan Jejakin Meluncurkan Program Carbon Offset

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telkomsel menggandeng platform Jejakin meluncurkan Program Carbon Offset. Melalui program ini, pelanggan Telkomsel dapat menukarkan Telkomsel Poin menjadi kontribusi yang setara dengan sebatang pohon. Ini untuk mengimbangi carbon footprint (jejak karbon) yang timbul sebagai konsekuensi dari aktivitas keseharian manusia. 

Carbon offset merupakan berbagai upaya menyerap carbon footprint yang kita hasilkan dan memitigasi dampak-dampak negatif tersebut. Salah satu upaya carbon offset  dengan mengadopsi pohon dan mendukung keberlangsungan hidup masyarakat adat yang menjaga hutan. 

Sedangkan berbagai aktivitas manusia, mulai dari penggunaan bahan bakar fosil, pengubahan fungsi lahan, pengolahan limbah, hingga pekerjaan industri, menghasilkan carbon footprint, atau jejak karbon, berupa emisi gas yang dapat menyebabkan efek rumah kaca, seperti gas karbondioksida (CO2) dan gas polusi lainnya di atmosfer.  


Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono mengatakan, berdasarkan Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Monitoring, Pelaporan, Verifikasi (MPV) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 2021, Indonesia menghasilkan emisi gas rumah kaca sekitar 1,86 miliar ton karbondioksida ekuivalen (CO2e) pada tahun 2019. Secara kumulatif, emisi gas rumah kaca nasional pada tahun 2019 meningkat jauh dibandingkan jumlah emisi tahun 2010, yaitu 809,9 juta ton CO2e. 

Dari jumlah tersebut, sektor industri mengkontribusi sebanyak 3,12% emisi dari proses produksi mereka, dan 9,63 persen emisi dari penggunaan energi mereka. Hal tersebut menunjukkan perlunya upaya bersama dari seluruh elemen, termasuk pelaku industri guna memastikan adanya kolaborasi dalam mengimbangi bahkan mengurangi dampak negatif dari emisi yang ditimbulkan.

“Sebagai bagian dari inisiatif Telkomsel Jaga Bumi, Program Carbon Offset bersama Jejakin diharapkan dapat menjadi sebuah environmental movement dengan mengajak pelanggan setia Telkomsel berkontribusi melalui Telkomsel Poin yang dimiliki untuk menanam pohon-pohon dalam upaya reboisasi,” terang Saki, Rabu (14/12).

Pelanggan bisa melakukan kontribusi dalam bentuk Poin setara dengan sejumlah pohon. Hitungannya, 50 Poin setara dengan 0,1 pohon / 2,93 kg CO2.

Telkomsel dan Jejakin tanamkan pada periode penanaman berikutnya setiap kuartal. Sebagai perhitungan nominal, setiap 50 Poin yang pelanggan tukarkan setara dengan partisipasi senilai Rp 5.000 terhadap carbon offset.

Pelanggan juga bisa melakukan penukaran Poin melalui SMS ke 777 dengan mengetik JAGABUMI5 untuk menukarkan 50 Poin atau JAGABUMI50 untuk menukarkan 500 Poin sekaligus.

Untuk mendapatkan laporan progress update dan monitoring secara berkala melalui emailtentang pohon yang mereka kontribusikan, pelanggan dapat mengisi data nama dan email pelanggan pada short link yang akan muncul di SMS notifikasi Telkomsel Poin mereka. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER