Jumat, 19 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Penjualan UMKM Lokal di Kota dengan Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Meningkat 147%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM telah
berkontribusi Rp 8.547 triliun terhadap produk domestik bruto produk domestik bruto (PDB) Indonesia.


“UMKM lokal meemegang peranan dalam peningkatan ekonomi digital, namun aktivitas ekonomi digital Indonesia saat ini masih terpusat di kota-kota besar. Sebagai gambaran, Jakarta menyumbang 17% terhadap PDB Indonesia,” jelas AVP of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, Senin (12/12).

Riset Tokopedia bersama Institute for Development of Economics and Finance
(INDEF) membuktikan kontribusi inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk perekonomian digital di berbagai daerah.

Baca juga: Tokopedia Dorong UMKM Lokal Lewat Inisiatif Hyperlocal

Peneliti INDEF, Nailul Huda, menjelaskan, rerata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia meningkat 147% pada 2020-2021 dibandingkan 2017-2019.

“Surabaya, Bandung dan Yogyakarta menjadi tiga kota dengan Hyperlocal Tokopedia yang memiliki indeks penjualan dan indeks omzet penjualan paling tinggi,” kata Nailul.


Riset ini juga menunjukkan rerata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal lebih besar 5 kali lipat dibandingkan kota tanpa Hyperlocal pada 2017-2021. Sedangkan indeks omzet penjualan di kota dengan Hyperlocal meningkat 67% pada periode 2020-2021 dibandingkan 2017-2019.

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia mampu menahan peningkatan pengangguran agar tidak naik terlalu tajam imbas dari kondisi pandemi Covid-19. “Secara statistik, inisiatif Hyperlocal Tokopedia mampu menahan laju peningkatan pengangguran,” papar Huda. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER