Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Belanja Online Semakin Marak, Ini Tips Menghindari Penjahat Siber dari Kaspersky

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Belanja online kini menjadi bagian dari seluruh hidup kita. Kaspersky akan berbicara tentang trik penjahat dunia maya dan cara melindungi dana Anda saat berbelanja online.

Penyerang senantiasa menargetkan akun pengguna dalam layanan yang terkait dengan e-commerce. “Mereka ingin mendapatkan akses ke kartu pembayaran yang ditautkan ke akun dan bersenang-senang dengan dana yang Anda miliki,” tulis Kaspersky, pekan lalu.


Berikut adalah beberapa tip sederhana Kaspersky untuk membantu melindungi data dan uang Anda saat berbelanja online.

  1. Gunakan kata sandi yang kuat
    Aturannya tetap berlaku: semakin panjang kombinasi Anda, semakin kecil kemungkinan penjahat dunia Maya akan mengambilnya. Kaspersky menyarankan u menggunakan setidaknya 10 karakter.
    Kebiasaan berbahaya lainnya adalah menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa situs.
  2. Gunakan VPN untuk terhubung ke jaringan publik
    Koneksi aman mengenkripsi semua lalu lintas dan karenanya dapat mencegah penyerang menyadap kredensial masuk dan detail pembayaran Anda. Periksa di sini mengenai cara memilih aplikasi VPN terbaik.
  3. Jangan menautkan kartu bank (debit maupun kredit) ke akun belanja online
    Paling utama, penyerang suka mencuri akun yang jarang digunakan — dengan cara ini tindakan mereka tidak akan diketahui untuk waktu lebih lama. Oleh karena itu, ada baiknya menautkan kartu bank hanya ke toko online yang sering dikunjungi, dan pastikan akun tidak dibajak dan tidak ada transaksi mencurigakan yang muncul di riwayat pembelian. Dalam

kasus lain, lebih aman menolak opsi “remember card atau ingat kartu” dan memasukkan
nomor secara manual.

  1. Jika memungkinkan, bayarlah dengan layanan pembayaran
    Layanan pembayaran, seperti Google Play atau PayPal, menyimpan data Anda dalam bentuk terenkripsi di server yang aman. Vendor atau toko tempat Anda berbelanja hanya menerima nomor akun virtual yang diberikan ke kartu oleh layanan. Karena data kartu Anda tidak terlihat oleh vendor.
  2. Miliki kartu terpisah untuk belanja online
    Miliki kartu terpisah untuk pembelian online, dan simpan dana minimal untuk itu. Bahkan jika penyerang mengetahui detail kartu ini, mereka tetap tidak akan mendapatkan sumber uang utama Anda.
  3. Lacak riwayat pembayaran Anda
    Siapkan notifikasi transaksi, dan periksa riwayat pembayaran secara berkala. Jika
    menemukan sesuatu yang mencurigakan, segera hubungi bank terkait.
  4. Gunakan perlindungan yang andal
    Untuk menghindari trik penjahat dunia maya, baca postingan Kaspersky tentang cara mengenali penipu online. Dan gunakan solusi keamanan andal yang secara otomatis mendeteksi dan memblokir situs phishing. (nin)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER