Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bisnis Baterai Mobil Listrik Hyundai Motor Group Akan Mendirikan Hyundai Energy Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Hyundai Motor Group berencana mendirikan Hyundai Energy Indonesia. Ini adalah perusahaan yang akan memproduksi battery pack untuk Battery Electric Vehicles (BEV) yang akan mengamankan stabilitas pasokan baterai di pasar ASEAN.

Pembangunan Hyundai Energy Indonesia rencananya mulai semester pertama di tahun 2023. Hyundai Motor Group berencana memulai produksi massal battery pack pada semester kedua di tahun 2024.

Pabrik ini akan memproduksi battery pack dan sistem untuk model BEV dengan sel baterai yang diproduksi secara lokal. Kemudian dipasok ke model-model BEV yang diproduksi di Indonesia.

Kehadiran Hyundai Energy Indonesia ke depan semakin melengkapi ekosistem elektrifikasi dari Hyundai Motor Group di Indonesia. Trmasuk pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang sudah memproduksi BEV dan juga pabrik sel baterai yang akan datang, hasil kolaborasi bersama LG Energy Solution. Ltd.

Selain itu, saat pabrik sel baterai dan battery pack mulai beroperasi di 2024, bebas pajak ekspor untuk BEV buatan Indonesia ke ASEAN akan sangat memungkinkan dengan mencapai tingkat lokalisasi di Indonesia.

Baca juga: Hyundai Perkenalkan IONIQ 5, Mobil Listrik Mid Size Terbaru yang Diproduksi di Indonesia

Lebih lanjut, memungkinkan juga untuk dapat memperluas pasokan kendaraan listrik Indonesia dan meningkatkan daya saing harga. Dengan menyediakan beragam kendaraan listrik kepada pelanggan Indonesia.

Sejalan dengan itu, saat kendaraan listrik buatan Indonesia yang akan dilengkapi dengan sel baterai dan battery pack yang diproduksi secara lokal, maka pajak barang mewah HEV akan naik dari 6% menjadi 10%, yang diharapkan akan semakin mempercepat pertumbuhan dari pasar kendaraan listrik.

Rencana awal investasi pabrik di Indonesia akan menjadi sebuah batu loncatan untuk memperkuat komitmen Hyundai dalam mendukung produksi BEV di Indonesia yang dimulai dari hulu ke hilir untuk masa depan mobilitas listrik yang lebih luas di masa mendatang.

Sebelumnya, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution bekerjasama dalam investasi pabrik sel baterai di Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Pabrik ini bertujuan untuk menghasilkan 10 GWh NCMA sel baterai lithium-ion setiap tahunnya yang akan mendukung lebih dari 150,000 BEV.

Selain itu, Hyundai Motor Group juga menjadi pelopor dan market leader untuk BEV di Indonesia dengan cara membangun pabrik lokal yang memproduksi masal IONIQ 5, salah satu model BEV unggulan dari Hyundai Motor Company. Juga membangun lebih dari 200 charging stations yang tersebar di seluruh Indonesia. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER