Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi Nataru, Ini Langkah Kominfo dan Operator Seluler

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama operator telekomunikasi mengantisipasi kenaikan traffic selama liburan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail, menyatakan ada enam langkah Kominfo dan penyelenggara layanan telekomunikasi seluler. 

“Meningkatkan kapasitas jaringan internet, optimasi kualitas dan kapasitas jaringan, penambahan BTS baru dan penyediaan mobile BTS di pusat keramaian, tempat wisata dan ruang publik lain,,” jelasnya Senin (26/12).

Masing-masing operator telekomunikasi telah mengantisipasi kenaikan trafik. Telkom Indonesia menyiapkan kapasitas internet sebesar 28.270 Gbps dan ekspansi kapasitas backbone sebesar 5.680 Gbps.

Selanjutnya, Telkomsel meningkatkan kapasitas internet gateway dari 8.812 Gbps menjadi 11.052 Gbps. Adapun Indosat Ooredoo Hutchinson meningkatkan kapasitas jaringan internet dari 5.466 Gbps menjadi 7.273 Gbps.

Baca juga: XL Axiata Prediksi, Terjadi Kenaikan Trafik Hingga Tiga Kali Lipat di Libur Natal dan Tahun Baru

XL Axiata menyiapkan kapasitas jaringan sebesar 6.000 Gbps. Dan Smartfren meningkatkan kapasitas jaringan internet dari 3.480 Gbps menjadi 4.350 Gbps.

Kementerian Komifo dan para operator seluler juga melakukan proses optimasi kualitas dan kapasitas di jaringan di titik keramaian. Seperti di jalur mudik di jalan tol, di pusat perbelanjaan, pusat transportasi, tempat wisata, tempat-tempat ibadah. 

Penyelenggara layanan telekomunikasi seluler juga menambah BTS baru dan menyiapkan Compact Mobile Base Transceiver Station (Combat BTS) di pusat-pusat keramaian daerah-daerah rest area di jalan tol, tempat wisata dan berbagai ruang publik lain.

“Tim kami juga sudah melakukan test drive di sepanjang jalan jalur mudik jalur tol untuk memastikan kualitas layanan tetap terjaga ketika terjadi lonjakan trafik pada saat yang bersamaan,” ungkap Ismail. (alo)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER