Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pandi Targetkan Mencapai Satu Juga Nama Domain .ID di Tahun 2023

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menyatakan, jumlah nama domain .ID resmi menjadi jumlah nama domain tertinggi yang ada di Asia Tenggara. Domain .ID mengalahkan domain .vn, .my dan lain-lain.

“Jumlah nama domain .ID sudah menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara sebanyak 726.294 per 31 Desember 2022. Peningkatan terbesar terjadi pada jumlah pengguna domain BIZ.ID, hampir 500% dibandingkan dengan tahun 2021,” terang Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI, Rabu (25/1).

Peningkatan terbesar juga terjadi pada jumlah nama domain MY.ID yang naik lebih dari dua kali lipat. “Dari yang sebelumnya 127.023 pada tahun 2021 menjadi 279.576 atau meningkat sekitar 120%,” jelas Yudho.

Baca juga: Internet Naik Daun Saat Pandemi, Pertumbuhan Domain .id Melaju Kencang

Pada tahun 2022, PANDI juga terus melakukan beberapa langkah peningkatan infrastruktur demi meningkatkan layanan PANDI. Seperti penambahan node DNS, peningkatan infrastruktur Sistem Registri Mandiri (SRM) untuk menampung 2 juta nama domain, penetration test pada sistem dan aplikasi PANDI, penambahan perangkat firewall, dan lain-lain,” terang Yudho. 

Yudho juga menambahkan, PANDI akan terus menggenjot pertumbuhan nama domain .ID khususnya domain BIZ.ID. Satunya dengan cara melakukan penurunan harga yang cukup drastis pada nama domain BIZ.ID.

Untuk mendukung kegiatan pemasaran UMKM, PANDI juga menyediakan inovasi berupa layanan link shortener dan microsite S.ID yang merupakan link shortener terpendek di dunia.

“Tahun 2023, PANDI menargetkan jumlah nama domain .ID sebanyak 1 juta nama domain,” ujar Yudho. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER