Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pegadaian dan Bank Danamon Luncurkan Sustainable Social Loan 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Pegadaian, anak perusahan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melakukan sinergi dan kolaborasi dengan Bank Danamon mempelopori sosial berkelanjutan (sustainable social loan) sebesar Rp 500 milliar. Pinjaman digelontorkan secara bertahap dengan total Rp 1 triliun.

Program pembiayaan ini untuk memperluas akses pemberian pinjaman pendidikan, pengembangan UMKM dan pinjaman individu untuk memulai usaha serta merupakan salah satu program untuk mewujudkan implementasi keuangan berkelanjutan di PT Pegadaian.

Transaksi ini menjadi tonggak penting bagi PT Pegadaian karena merupakan Pinjaman Sosial Berkelanjutan pertama untuk Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB) di Indonesia.

Pinjaman Sosial Berkelanjutan berpedoman pada “Social Financing Framework” PT Pegadaian.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pegadaian, Ferdian Timur Satyagraha menyatakan, program tersebut melalui produk Gadai Peduli yang diberikan kepada masyarakat yang belum familiar dengan layanan perbankan (unbankable).

“Kami memberikan penyediaan instrumen keuangan dan layanan pendukung yang sesuai bagi usaha mikro, kecil dan menengah melalui produk gadai. Kami juga terus memperluas akses layanan keuangan yang setara layanan perbankan. Khususnya kepada masyarakat yang belum familiar dengan layanan perbankan,” kata Ferdian.

Baca juga: Bebas Biaya Penitipan Emas di Pegadaian Hingga Enam Bulan Pertama, Ini Syaratnya

Program Pembiayaan Sosial Berkelanjutan dilaksanakan bertujuan untuk memastikan bahwa setiap orang mempunyai akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas. Selain itu mempromosikan kebijakan orientasi pembangunan yang mendorong formalisasi dan pertumbuhan UMKM melalui perluasan akses layanan jasa keuangan.

Direktur Syariah & Sustainable Finance Danamon, Herry Hykmantomenyampaikan, pihaknya mendukung PT Pegadaian dalam pelaksanaan program Pinjaman Sosial Berkelanjutan untuk mewujudkan tujuan menjadi agen inklusi keuangan pilihan rakyat.

“Program Gadai Peduli PT Pegadaian ini menjadi contoh bagi para pelaku industri dalam komitmennya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan,” kata Herry.

Sementara, Thomas Sudarma, Direktur Enterprise Banking & Financial Institution Danamon menambahkan, kerja sama ini juga menunjukkan kapabilitas Danamon dalam bidang pembiayaan kepada institusi keuangan melalui pinjaman sindikasi, structure financing, agency, sell-down, dan risk participation.

Didukung solusi pengelolaan kas yang komprehensif yang ditunjang penggunaan e-channel dan solusi digital yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Fokus kami adalah untuk memperkuat seluruh ekosistem financial supply chain.

“Kami berharap melalui kerja sama ini, kami dapat menyentuh masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang sebelumnya tidak terjangkau oleh layanan keuangan,” kata Thomas. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER