Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tren Teknologi Baru Teratas dan Peluang Kerja Tahun Ini

BACA JUGA




Tren Teknologi

Mungkin bisa mendapatkan salah satu pekerjaan yang akan tercipta dari tren teknologi baru seperti di bawah ini.

  1. Artificial Intelligence dan Machine Learning

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) telah menerima banyak gebrakan dalam dekade terakhir, tetapi terus menjadi salah satu tren teknologi baru karena efeknya yang luar biasa pada cara kita hidup, bekerja, dan bermain baru pada tahap awal.

AI sudah dikenal dengan keunggulannya dalam pengenalan gambar dan suara, aplikasi navigasi, asisten pribadi ponsel pintar, aplikasi berbagi tumpangan, dan masih banyak lagi.

Pasar AI akan tumbuh menjadi industri senilai US$190 miliar pada tahun 2025 dengan pengeluaran global untuk sistem kognitif dan AI mencapai lebih dari US$57 miliar pada tahun 2023.

Baca juga: Ada Artis Indonesia di The Last of Us, Waspadai Penjahat Siber Siap Menebar Jebakan

Dengan AI yang melebarkan sayapnya ke berbagai sektor, lapangan kerja baru akan tercipta di bidang pengembangan, pemrograman, pengujian, dukungan, dan pemeliharaan.

Di sisi lain, AI juga menawarkan beberapa gaji tertinggi saat ini, mulai dari lebih dari US$125 ribu per tahun (insinyur pembelajaran mesin) hingga US$145 ribuper tahun (arsitek AI) – menjadikannya sebagai tren teknologi baru yang harus Anda perhatikan!

Machine Learning yang merupakan bagian dari AI, juga digunakan di semua jenis industri, sehingga menciptakan permintaan yang sangat besar untuk para profesional yang terampil.

Forrester memprediksi AI, pembelajaran mesin, dan otomatisasi akan menciptakan 9 persen pekerjaan baru di Amerika Serikat pada tahun 2025, pekerjaan yang mencakup profesional pemantau robot, ilmuwan data, spesialis otomasi, dan kurator konten, sehingga menjadikannya tren teknologi baru yang harus Anda perhatikan juga!

Baca juga: Biaya Haji Naik Jangan Panik, Arrum Haji Pegadaian Jadi Solusi

Menguasai AI dan pembelajaran mesin akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan seperti: ilmuwan riset AI, insinyur AI, insinyur pembelajaran mesin, arsitek AI.

  1. Extended Reality
    Reality yang diperluas terdiri dari semua teknologi yang mensimulasikan realitas, mulai dari virtual reality, augmented reality, dan mixed reality dan semua yang ada di antaranya.

Ini adalah tren teknologi yang signifikan saat ini karena kita semua ingin melepaskan diri dari apa yang disebut sebagai batas-batas nyata dunia.

Dengan menciptakan sebuah reality tanpa kehadiran yang nyata, teknologi ini sangat populer di kalangan gamer, spesialis medis, serta ritel dan pemodelan.

Baca juga: Beli Motor Listrik Semakin Mudah di Pegadaian Syariah, Begini Caranya

Mengenai reality yang diperluas, game adalah area penting untuk karier populer yang tidak memerlukan kualifikasi tingkat tinggi, tetapi lebih kepada hasrat untuk bermain game online.

Anda bisa mengejar desain game, animasi, atau bahkan program pengeditan untuk mengejar karier yang sukses dalam spesialisasi ini.

Sementara itu, lihat pekerjaan terbaik di bidang AR, VR, dan juga ER di antaranya pengembang perangkat lunak, desainer game, gamer profesional, direktur Kreatif

  1. 3D Printing
    Tren utama dalam inovasi dan teknologi adalah pencetakan 3D atau printing 3D yang digunakan untuk membuat prototipe.

Baca juga: Wow, Bank Mandiri Cetak Laba Rp 41,2 Triliun di 2022, Melesat 46%

Teknologi ini telah memberikan dampak yang besar dalam sektor biomedis dan industri.

Tak satu pun dari kita yang berpikir untuk mencetak objek nyata dari printer, sementara saat ini, hal tersebut menjadi kenyataan.

Jadi, pencetakan 3D adalah inovasi lain yang akan terus ada.

Untuk perusahaan di sektor data dan perawatan kesehatan yang membutuhkan banyak pencetakan 3D untuk produk mereka, berbagai pekerjaan membayar dengan baik dan berskala internasional.

Baca juga: Bank Mandiri Salurkan KUR Rp 31,3 Triliun dan Kredit Hijau Rp 221 Triliun Hingga September 2022

Yang Anda butuhkan hanyalah pengetahuan yang baik tentang AI, Pembelajaran Mesin, Pemodelan, dan pencetakan 3D.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER