Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tren Teknologi Baru Teratas dan Peluang Kerja Tahun Ini

BACA JUGA




VR dan AR

  1. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)
    Tren teknologi luar biasa berikutnya adalah virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), dan extended reality (ER).

VR membenamkan pengguna dalam sebuah lingkungan sementara AR meningkatkan lingkungan mereka.

Meskipun tren teknologi ini terutama digunakan untuk bermain game sejauh ini, namun juga telah digunakan untuk pelatihan, seperti VirtualShip, perangkat lunak simulasi yang digunakan untuk melatih kapten kapal angkatan laut, angkatan darat, dan penjaga pantai di Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Kepolisian Negara Ini Sebut Jaringan 5G Bisa Disalahgunakan

Pada tahun 2023, kita dapat mengharapkan bentuk-bentuk teknologi ini akan semakin terintegrasi ke dalam kehidupan kita.

Biasanya bekerja bersama-sama dengan beberapa teknologi baru lainnya yang telah kami sebutkan dalam daftar ini, AR dan VR memiliki potensi yang sangat besar dalam pelatihan, hiburan, pendidikan, pemasaran, dan bahkan rehabilitasi setelah cedera.

Keduanya dapat digunakan untuk melatih dokter untuk melakukan operasi, menawarkan pengalaman yang lebih dalam kepada pengunjung museum, meningkatkan taman hiburan, atau bahkan meningkatkan pemasaran, seperti pada halte bus Pepsi Max ini.

Fakta menarik: 14 juta perangkat AR dan VR terjual pada tahun 2019.

Baca juga: Smartphone Flagship Xiaomi 12 Series Hadir Turun Harga, Cek di Sini

Pasar AR dan VR global diperkirakan akan tumbuh hingga US$209,2 miliar pada tahun 2023, hanya menciptakan lebih banyak peluang dalam teknologi yang sedang tren, dan menyambut lebih banyak profesional yang siap untuk bidang yang mengubah dunia ini.

  1. Blockchain
    Meskipun kebanyakan orang memikirkan teknologi blockchain dalam kaitannya dengan mata uang digital seperti Bitcoin, blockchain menawarkan keamanan yang berguna dalam banyak hal lainnya.

Dalam istilah yang paling sederhana, blockchain dapat digambarkan sebagai data yang hanya bisa Anda tambahkan, tidak bisa Anda hapus, atau ubah.

Oleh karena itu disebut “rantai” karena Anda membuat rantai data. Tidak dapat mengubah blok sebelumnya adalah hal yang membuatnya sangat aman.

Selain itu, blockchain digerakkan oleh konsensus, sehingga tidak ada satu entitas pun yang dapat mengendalikan data.

Baca juga: Citizen Segera Rilis Smartwatch CZ Pakai Teknologi NASA

Dengan blockchain, Anda tidak membutuhkan pihak ketiga yang terpercaya untuk mengawasi atau memvalidasi transaksi.

Beberapa industri melibatkan dan mengimplementasikan blockchain, dan seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi blockchain, begitu juga dengan permintaan akan tenaga profesional yang terampil.

Untuk masuk ke dalam Blockchain, Anda harus memiliki pengalaman langsung dalam bahasa pemrograman, dasar-dasar OOPS, basis data datar dan relasional, struktur data, pengembangan aplikasi web, dan jaringan, untuk mendapatkannya, Anda dapat mendaftar di kursus pelatihan blockchain.

Menguasai blockchain dapat membantu Anda meningkatkan skala di berbagai bidang dan industri di antaranya analis risiko, manajer komunitas kripto, dan insinyur Front End.

Baca juga: Xiaomi Siap Luncurkan Lini Produk AIoT, dari Jam Pintar Sampai Air Purifier, Cek Fitur dan Harga Diskonnya

  1. Internet of Things (IoT)
    Tren teknologi baru lainnya yang menjanjikan adalah IoT.

Banyak “benda” yang kini dibuat dengan konektivitas WiFi, yang berarti mereka dapat terhubung ke Internet-dan satu sama lain.

Oleh karena itu, Internet of Things, atau IoT. Internet of Things adalah masa depan, dan telah memungkinkan perangkat, peralatan rumah tangga, mobil, dan masih banyak lagi untuk terhubung dan bertukar data melalui Internet.

Sebagai konsumen, kita sudah menggunakan dan mendapatkan manfaat dari IoT.

Baca juga: Lenovo Tech Prediction 2023, Ini yang Akan Muncul dari Teknologi di Tahun 2023 dan Ke Depan

Kita bisa mengunci pintu rumah dari jarak jauh jika kita lupa saat berangkat kerja dan memanaskan oven dalam perjalanan pulang kerja, sambil melacak kebugaran tubuh dengan Fitbit.

Namun, bisnis juga bisa mendapatkan banyak manfaat sekarang dan di masa mendatang.

IoT dapat memungkinkan keamanan, efisiensi, dan pengambilan keputusan yang lebih baik untuk bisnis karena data dikumpulkan dan dianalisis.

IoT dapat memungkinkan pemeliharaan prediktif, mempercepat perawatan medis, meningkatkan layanan pelanggan, dan menawarkan manfaat yang bahkan belum pernah kita bayangkan.

Baca juga: Awal Tahun 2023, JULO Tebar Hadiah Langsung dan Tingkatkan Limit ke Nasabah

Dan kita baru berada di tahap awal dari tren teknologi baru ini.

Perkiraan menunjukkan bahwa pada tahun 2030, sekitar 50 miliar perangkat IoT akan digunakan di seluruh dunia, menciptakan jaringan besar perangkat yang saling terhubung yang mencakup segala hal mulai dari ponsel pintar hingga peralatan dapur.

Pengeluaran global untuk Internet of Things (IoT) diperkirakan akan mencapai US$1,1 triliun pada tahun 2023.

Jika ingin menginjakkan kaki di teknologi yang sedang tren ini, Anda harus belajar tentang keamanan informasi, dasar-dasar AI dan pembelajaran mesin, jaringan, antarmuka perangkat keras, analisis data, otomatisasi, pemahaman tentang sistem tertanam, dan harus memiliki pengetahuan tentang perangkat dan desain.

Baca juga: Samsung Luncurkan Galaxy A14 5G, Baterai Tahan Hingga Dua Hari, Ada Harga Khusus Hingga 26 Januari 2022

  1. 5G
    Tren teknologi berikutnya yang mengikuti IoT adalah 5G.

Di mana teknologi 3G dan 4G telah memungkinkan kita untuk menjelajahi internet, menggunakan layanan berbasis data, meningkatkan bandwidth untuk streaming di Spotify atau YouTube dan masih banyak lagi, layanan 5G diharapkan dapat merevolusi kehidupan kita.

Dengan memungkinkan layanan yang mengandalkan teknologi canggih seperti AR dan VR, di samping layanan game berbasis cloud seperti Google Stadia, NVidia GeForce Now, dan masih banyak lagi.

Layanan ini diharapkan dapat digunakan di pabrik-pabrik, kamera HD yang membantu meningkatkan keselamatan dan manajemen lalu lintas, kontrol jaringan pintar dan ritel pintar juga.

Hampir semua perusahaan telekomunikasi seperti Verizon, Tmobile, Apple, Nokia Corp, Qualcomm, sekarang sedang bekerja untuk membuat aplikasi 5G.

Baca juga: Karyawan TikTok Bisa Menentukan Sebuah Video Jadi Viral?

Langganan Jaringan 5G akan mencapai 4,4 miliar pada akhir tahun 2027, menjadikannya tren teknologi yang harus Anda waspadai, dan juga simpan tempat.

  1. Cyber Security
    Keamanan siber mungkin tidak tampak seperti teknologi yang baru muncul, mengingat teknologi ini sudah ada sejak lama, tetapi berkembang seperti halnya teknologi lainnya.

Para peretas jahat alias hacker yang mencoba mengakses data secara ilegal tidak akan menyerah dalam waktu dekat, dan mereka akan terus menemukan cara untuk melewati langkah-langkah keamanan yang paling sulit sekalipun.

Hal ini juga sebagian karena teknologi baru sedang diadaptasi untuk meningkatkan keamanan.

Baca juga: Ini Strategi E-Commerce Bertahan dan Memenangkan Persaingan Saat Kelesuan Melanda

Selama masih ada peretas, keamanan siber akan tetap menjadi teknologi yang sedang tren karena teknologi ini akan terus berevolusi untuk mempertahankan diri dari para peretas.

Sebagai bukti kuatnya kebutuhan akan profesional keamanan siber, jumlah pekerjaan keamanan siber tumbuh tiga kali lebih cepat daripada pekerjaan teknologi lainnya.

Menurut Gartner, pada tahun 2025, 60 persen organisasi akan menggunakan risiko keamanan siber sebagai penentu utama dalam melakukan transaksi pihak ketiga dan keterlibatan bisnis.

Anda harus mencatat bahwa betapapun menantangnya bidang ini, bidang ini juga menawarkan penghasilan enam digit yang menggiurkan. (aang)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER