Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Terus Upayakan Kenyamanan Pelanggan, XL Axiata Alihkan UMB *123# ke *808#

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata melakukan perubahan akses USSD Menu Browser (UMB) layanan pelanggan. Yani dari *123# menjadi *808#. Perubahan UMB ini efektif mulai berlaku mulai 1 Februari 2023.

XL Axiata terus melakukan sosialisasi selama masa transisi 1 Februari – 1 April 2023 melalui berbagai sarana komunikasi kepada pelanggan. Mengingat pengguna UMB juga masih cukup besar.

Migrasi ini berdasarkan Peraturan Menteri (PM Kominfo) No 5 Tahun 2021.Beleid itu mengatur, kses USSD untuk layanan pelanggan menggunakan USSD *8XY#.

Chief Marketing Officer XL Axiata, Alfons Eric Bosch Sansa mengatakan, migrasi ini hanya sebatas berganti kode UMB saja, tidak ada perubahan lain dalam menu-menu di dalamnya. Jadi hanya perpindahan dari *123# menjadi *808#.

Baca juga: Trafik Layanan XL Axiata  Naik 8% Saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 

“Upaya sosialisasi kami laksanakan secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan yang terkait, terutama pelanggan, melalui berbagai saranan komunikasi, termasuk media sosial,” kata Alfons, Jumat (3/2).

Menurut Alfons, layanan pelanggan UMB *123# untuk pengecekan saldo pulsa, kuota paket ataupun pembelian produk dan layanan XL Axiata. Saat ini meskipun pembelian produk dan pengecekan pulsa juga tersedia di aplikasi myXL dan AXISnet, masih cukup banyak pelanggan yang tetap menggunakan UMB tersebut.

Selain melalui UMB *808#, XL Axiata menyediakan alternatif layanan pelanggan yang lebih mudah diakses melalui aplikasi, yaitu myXL untuk pelanggan XL Prabayar dan PRIORITAS, dan AXISnet untuk pelanggan AXIS. Kedua aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Playstore atau App Store.

USSD atau Unstructured Supplementary Service Data merupakan suatu protokol khusus untuk komunikasi singkat dari ponsel pengguna ke penyedia layanan operator. Layanan USSD umumnya digunakan pengguna untuk melakukan permintaan (request atau pull) informasi tertentu pada pihak operator dengan format yang telah ditentukan. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER