Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel dan PT Putra Perkasa Abadi Terapkan Private Network, Jadi Solusi Smart Mining Sektor Pertambangan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telkomsel dan PT Putra Perkasa Abadi menghadirkan penerapan layanan private network pertama di Indonesia. Kerjasama ini guna mengakselerasikan solusi smart mining yang dapat mendukung operasional industri pertambangan Indonesia lebih aman, terkoneksi, dan terintegrasi.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, Telkomsel berkesempatan melanjutkan inovasi memperluas pemanfaatan teknologi dengan menghadirkan solusi berbasis digital, yakni melalui penerapan layanan private network mendukung setiap aktivitas pertambangan PT PPA agar lebih efisien, efektif, dan aman.

“Sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan,” terang Nugroho, Senin (6/2).

Direktur HCGA & Legal PT Putra Perkasa Abadi, Teguh Subroto mengatakan, inisiatif ini dalam rangka menjadi bagian dari akselerasi transformasi digital di sektor industri pertambangan menuju Revolusi Industri 4.0. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan produksi secara maksimal, selain itu juga akan meningkatkan safety dalam operasional.

“Dengan ini Putra Perkasa Abadi telah menjadi bagian dari transformasi digital industri pertambangan Indonesia melalui pemanfaatan solusi digital terdepan,” kata Teguh.

Baca juga: Telkomsel Hadirkan Teknologi 5G Underground Smart Mining di Freeport

Telkomsel mengimplementasikan solusi smart mining dari Telkomsel Enterprise, meliputi penyediaan private network, Infrastructure as a Service (IaaS) untuk menjangkau seluruh site Putra Perkasa Abadi. Dan fuel monitoring, yang seluruhnya telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi operasional.

Private network Telkomsel memungkinkan Putra Perkasa Abadi memiliki konektivitas dengan tingkat reliabilitas dan keamanan tinggi, serta latensi jaringan rendah di bawah 50 milisecond (ms). Sehingga mampu mendukung proses otomasi di setiap aktivitas pertambangan maupun operasional perusahaan dengan mudah.

Kebutuhan Putra Perkasa Abadi terhadap informasi data secara real-time sangat tinggi. Terutama untuk monitoring penggunaan bahan bakar pada setiap armadanya. Untuk itu, diimplementasikan solusi fuel monitoring dengan IoT Intelligent Tank Monitoring System (INTANK).

Layanan ini juga menghadirkan kemudahan proses peninjauan ketersediaan bahan bakar pada storage tank dan tangki bahan bakar armada yang digunakan untuk melakukan aktivitas pertambangan, kapan pun dan di mana pun. Solusi fuel monitoring tersebut akan membantu dalam memantau penggunaan armada hingga konsumsi dan ketersediaan bahan bakar secara akurat, sehingga mampu mengelola biaya operasional dengan lebih efisien.

Guna memastikan penerapan solusi Smart Mining berjalan optimal, Telkomsel turut membangun infrastruktur pendukung lainnya, yaitu infrastruktur IAAS dan pembangunan BTS untuk memastikan ketercakupan jaringan Telkomsel Private Network menjangkau seluruh area operasional. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER