Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Filianingsih Hendarta Resmi Menjabat Deputi Gubernur Bank Indonesia 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Dua calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Asisten Gubernur BI, Filianingsih Hendarta, menjabat Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, dan Dwi Pranoto, Asisten Gubernur BI, menjabat Kepala Departemen Regional Bank Indonesia, telah selesai menjalankan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).Pada Senin (13/2).

Komisi XI DPR pasca uji kelayakan dan kepatutan tersebut, secara musyawarah untuk mufakat memutuskan Fili- sapaaan Fillianingsih sebagai Deputi Gubernur BI terpilih. Ia menggantikan Dody Budi Waluyo yang masa jabatannya selesai pada April 2023. 

BI menyambut baik Fili sebagai Deputi Gubernur terpilih yang akan mengemban tugas pada 2023-2028 mendatang.” Hasil pemilihan ini merupakan salah satu perwujudan bahwa Anggota Dewan Gubernur BI dipilih berdasarkan sistem meritokrasi, yakni pada kompetensi dan kapabilitas terbaik yang dimiliki tanpa memandang suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), dalam menjalankan amanat pelaksanaan tugas BI,” terang Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Senin (13/2).

Fili lahir di Surabaya pada tahun 1963. Menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada 1985. Mendapatkan gelar Master di bidang Economics & Finance dari Boston University, USA pada 1992.

Fili adalah pejabat senior di BI. Ia mengawali karier di BI pada 1986. Fili diketahui merintis karir sebagai staf Departemen Internasional BI pada tahun tersebut. Hingga kemudian, pindah ke Kantor Perwakilan Surabaya.

Fili menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2013-2015) dan Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial (2015-2019).

Fili saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak tahun 2019. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER