Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Produsen Selis Gandeng Sentramitra untuk Kembangkan Baterai Sepeda Motor Listrik di Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com l Produsen kendaraan listik atau electric vehicle (EV) roda dua dan roda tiga di Indonesia dengan merek Selis, PT. Juara Bike (JB), yang merupakan anak usaha PT. Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS), menandatangani kerja sama dengan perusahaan penyedia baterai industri PT. Sentramitra Dayautama.

Kedua perusahaan akan menjalin kemitraan strategis untuk mengembangkan baterai sepeda motor listrik.

Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama ini dilaksanakan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (25/2/2023).

Baca juga: Tahun 2024, Honda Berencana Mulai Produksi Kendaraan Listrik Berbahan Bakar Hidrogen

Selis merupakan perusahaan kendaraan listrik yang menyediakan kendaraan tanpa emisi untuk masyarakat dan telah memproduksi dan mendistribusikan kendaraan listrik dalam bentuk sepeda sejak tahun 2011 dan akan terus mendukung masyarakat beralih ke kendaraan listrik.

Direktur Utama SLIS Edi Hanafiah Kwanto mengatakan kerja sama ini dilakukan sebagai wujud komitmen perseroan untuk ikut mendorong terlaksananya Indonesia menuju zero emission (nol emisi).

Selain itu, perseroan juga mendukung tersedianya ekosistem EV sehingga dapat mendorong peningkatan volume penggunaan kendaraan listrik.

“Kedua perusahaan punya visi yang sama demi pengembangan kendaraan listrik, salah satunya yakni ketersediaan baterai sepeda motor listrik.

Baca juga: Bisnis Baterai Mobil Listrik Hyundai Motor Group Akan Mendirikan Hyundai Energy Indonesia

Saat ini tahapannya masih dalam perencanaan awal,” kata Edi, dalam keterangan resmi usai penandatanganan MoU di IIMS, Sabtu (25/2/2023).

JB adalah anak usaha Gaya Abadi Sempurna, emiten yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham SLIS.

Merek Selis kini menempati posisi terdepan dalam kategori kendaraan listrik.

Edi menjelaskan, JB akan fokus menambah produk dan tipe terbaru serta terus menggejot penjualan.

Baca juga: Hyundai Perkenalkan IONIQ 5, Mobil Listrik Mid Size Terbaru yang Diproduksi di Indonesia

Apalagi tren industri EV bakal semakin naik seiring dengan terbitnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Sejalan dengan pengembangan produk, pada 16 Februari 2023 lalu, Selis meluncurkan produk baru yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, yaitu Selis GO Plus yang bisa tempuh 140 kilometer dengan dua baterai Lithium Ion dan menggunakan motor yang kuat sebesar 2.000 Watt.

Sementara itu, Sentramitra adalah perusahaan penyedia baterai industri yang sudah berpengalaman hampir 30 tahun.

Pada awalnya Sentramitra fokus pada teknologi baterai kering SLA (sealed lead acid) yang mudah didaur ulang untuk produk UPS, lampu emergency, alarm, dan industri.

Baca juga: IMG Paparkan Spesikasi dan Kelebihan Motor Listrik ALVA ONE

Dalam tahap pengembangannya perusahaan terus mengembangkan produk baterai di bidang forklift electric dan juga bisnis model rental (battery as services).

Sentramitra sudah mempersiapkan teknologi baterai lithium sejak 6 tahun yang lalu untuk menyambut era kendaraan listrik atau EV.

Belajar dari pengalaman yang ada, Sentramitra mempelajari teknologi baterai lithium yang mempunyai safety dan durability yang tinggi.

Melalui kerjasama ini, tipe baterai lithium yang dikembangkan adalah Battery Go Plus dengan kapasitas 60V 75AH.

Baca juga: Ini Dia Satu-Satunya Ambulans Listrik Di IIMS 2023

Tipe baterai ini merupakan tipe unggulan yang memiliki keamanan tinggi dan ketahanan baterai lebih lama.

Hal ini merupakan sebuah kemajuan pengembangan teknologi yang menghasilkan jarak tempuh lebih jauh hingga 180 kilometer.

Dengan ketahanan baterai long range ini, tentu saja perusahaan logistik mulai melirik Kendaraan Listrik sebagai kendaraan mobilitas dan operasionalnya.

Tidak hanya itu, masyarakat dengan mobilitas tinggi yang menempuh jarak jauhpun tidak perlu ragu lagi untuk menjatuhkan pilihannya saat ini.

Baca juga: Pabrik Cikande  Jadi Tempat Produksi Mobil Listrik Lokal DSFK 

Hal ini tentu akan menghapus kekuatiran terhadap kebutuhan pengisian baterai yang berulang.

Dalam pengembangan teknologi baterai lithium, Sentramitra fokus mendukung Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan memproduksi keseluruhan modul baterai lithium tersebut di lokal sehingga memberikan solusi energi storage di berbagai kebutuhan market yang ada.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER