Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

XJTLU gelar acara penerimaan mahasiswa internasional terbesar sejak pandemi terjadi

BACA JUGA




SUZHOU, Tiongkok, 27 Februari 2023 /PRNewswire/ — Setelah tiga tahun berkutat dengan metode pendidikan jarak jauh (online teaching), interaksi virtual, dan penyesuaian dengan beragam zona waktu, mahasiswa internasional Xi’an Jiaotong-Liverpool University’s berkumpul di kampus untuk pertama kalinya sejak Tiongkok membuka kembali batas wilayahnya.

Students gather at Xi'an Jiaotong-Liverpool University's first induction for international students since China’s borders reopened
Students gather at Xi’an Jiaotong-Liverpool University’s first induction for international students since China’s borders reopened

Pada 22 Februari lalu, XJTLU menyambut lebih dari 260 mahasiswa internasional di seluruh dunia dalam acara penerimaan mahasiswa secara langsung di lokasi kampus. Mahasiswa pun dapat bertatap muka, mengeksplorasi kampus, serta mulai menikmati berbagai manfaat sebagai mahasiswa internasional di Tiongkok.

Momen ini merupakan kunjungan perdana ke kampus XJTLU bagi banyak mahasiswa.

Fenela Ariya Claresta kini menjadi mahasiswa program studi "BEng Computer Science and Technology" tahun kedua. Namun, dia menempuh pendidikan jarak jauh selama tahun pertama.

Dia berkata: "Saya tiba satu minggu lalu, dan sejak itu pula, saya menjelajahi Suzhou. Saya gembira untuk mengikuti kuliah tatap muka di kampus, sebab terlalu banyak hal yang mengusik konsentrasi belajar di rumah sehingga saya sulit menjaga fokus dalam kuliah jarak jauh.

"Saya juga lebih mudah dan tidak canggung berinteraksi dengan mahasiswa lain ketika semua orang telah berada di kampus. Saya senang berada di kampus dan bertemu dengan semua orang. Saya ingin berkenalan dengan setiap orang lewat cara-cara yang sewajarnya, serta beradaptasi dengan kehidupan di Tiongkok."

Kegiatan perkuliahan tatap muka mulai berlangsung minggu ini. Banyak mahasiswa gembira mengikuti kembali perkuliahan tatap muka tersebut.

Michelle Lionard, mahasiswa program studi "BSc Financial Mathematics" tahun keempat, juga berasal dari Indonesia seperti Fanela, berkata: "Setelah terpisah hampir tiga tahun, saya merasa ada yang berbeda ketika kembali ke kampus dan harus beradaptasi lagi dengan kehidupan di sini. Banyak teman yang mulai berkuliah dalam waktu yang sama dengan saya, kini telah bekerja. Saya bahkan sempat mengira bahwa saya tidak mungkin kembali ke sini. Maka, saya gembira setelah kembali ke kampus."

Kanghyun Kim dan Seungje Lee, dua mahasiswa program studi "BA TV production" asal Korea Selatan, juga harus berada jauh dari kampus sejak semester pertama. Selama pandemi, mereka pulang ke Korea Selatan untuk menjalani wajib militer, lalu kembali ke Suzhou bulan ini.

Kim berkata: "Saya gembira kembali hadir di lingkungan ini, tinggal kembali di Suzhou, serta bertemu dengan sahabat lama dan baru. Saya senang menjalani perkuliahan yang memakai bahasa Inggris sekaligus berkesempatan melatih bahasa Mandarin."

Lee menambahkan: "Saya sangat gembira kembali ke kampus dan perkuliahan tidak lagi berlangsung dari jarak jauh. Saya merasa pulang ke kampung halaman kedua."


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER