Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kerjasama Telkomsel dan ZTE Dalam Uji Coba Pemanfaatan Jaringan 5G, untuk Kebutuhan Konektivitas Digital di Kawasan Maritim

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telkomsel bersama ZTE Corporation bersinergi menguji peningkatan kapabilitas jaringan 5G berbasis pita frekuensi 2.3 GHz. Teknologi ini dapat meningkatkan jangkauan layanan broadband untuk kawasan maritim.

Kerja sama strategis ini dipresentasikan bersamaan dengan perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Senin (27/2). Kolaborasi ini bertujuan mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional yang kian pesat melalui penyediaan konektivitas digital bagi pengembangan sektor perikanan dan wisata bahari. Sekaligus memenuhi peningkatan permintaan akses komunikasi pada wilayah maritim potensial di Indonesia.

Uji coba ini dilaksanakan di Provinsi Gorontalo. Wilayah ini salah satu wilayah dengan potensi kelautan terbesar di Indonesia yang memiliki garis pantai sepanjang 903,7 Km.

Data Dinas Kelautan dan Perikanan menyebutkan, pada tahun 2019 terdapat 19.013 nelayan yang menggantungkan hidup mereka di laut. Dengan demikian ketersediaan infrastruktur jaringan komunikasi dan akses internet menjadi salah satu kebutuhan penting guna mendukung pertumbuhan dan percepatan perekonomian berbasis digital.

Baca juga: GSMA Umumkan Pembentukan Komunitas Industri 5G Asia Pasifik

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengungkapkan, dengan berkolaborasi bersama para pelaku lintas industri seperti ZTE, Telkomsel dapat mendorong realisasi peta jalan transformasi digital nasional melalui pemanfaatan teknologi 5G yang inovatif.

“Kami harap kolaborasi pengujian ketersediaan layanan broadband 5G, yang kali ini difokuskan pada sektor kemaritiman, semakin membuka peluang akses telekomunikasi digital yang lebih baik. Sekaligus mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital di Wilayah Gorontalo secara lebih inklusif dan berkelanjutan,” terang Nugroho.

Melalui kolaborasi ini, ZTE menghadirkan pengalaman konektivitas yang diharapkan mampu mendorong kemajuan yang lebih komprehensif bagi masyarakat Gorontalo.

“Kolaborasi ini juga mendorong hadirnya kesempatan yang merata bagi seluruh masyarakat di wilayah maritim Indonesia untuk mendapatkan akses pengalaman gaya hidup digital terdepan,” kata Richard Liang Weiqi, Presiden Direktur ZTE Indonesia.

Dalam kolaborasi ini, solusi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas dan cakupan jaringan broadband di wilayah maritim Indonesia adalah perangkat radio 5G dari ZTE dengan teknologi active antenna yang dapat menjangkau hingga radius 60 Km. (alo)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER