Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Industri Travel Kembali Pulih, Mbah Google Sebut, Konsumen Indonesia Lirik Produk Portabel yang Fungsional

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pandemi telah membantu konsumen Indonesia mudah beradaptasi dengan berbagai platform digital dan inovasi produk elektronik terbaru. Terlebih saat ini mobilitas dan aktivitas perjalanan liburan (traveling) kembali pulih.

Dalam rilis, Selasa (28/2) menhyebutkan, konsumen tidak lagi hanya mencari barang untuk kebutuhan dasar. Mereka mulai mencari berbagai produk yang bisa memenuhi kebutuhannya yang lebih bervariasi atau spesifik. 

Contohnya, meningkatnya kembali aktivitas traveling, konsumen mulai melirik produk-produk portable yang dapat dibawa untuk melengkapi waktu liburan. Seperti “setrika uap portable”, “mesin cuci portable”. Pencarian terkait “drone” di YouTube pun naik hingga 80%.

Meningkatnya aktivitas traveling juga mempengaruhi pencarian terkait produk elektronik portable untuk meningkatkan penampilan maupun perawatan diri.

Baca juga: Mbah Google Sebut, Ketertarikan Masyarakat Indonesia Terhadap Kendaraan Listrik Meningkat, Ini Indikatornya

Contohnya di YouTube pencarian terkait “hair dryer” dan “catok rambut” naik 70% dan 100%. Bahkan, pencarian terhadap “Nano Spray” di Google melonjak hingga 450%.

Ketertarikan konsumen terhadap tren smartphone terbaru pun tetap terlihat. “HP lipat” yang merupakan inovasi terbaru di industri smartphone mulai dilirik. Terlihat pencarian tekari produk tersebut di YouTube melonjak naik hingga 210%. 

Selain kebutuhan terhadap barang pelengkap kebutuhan traveling, keputusan pemerintah Indonesia menghentikan akses TV analog free-to-air mendorong konsumen mencari cara untuk tetap bisa menonton siaran digital pada TV analognya.

Terlihat dari meningkatnya pencarian terkait “smart TV” hingga 50%, “set-top box” yang melambung naik 260%, dan pencarian terkait “TV digital” yang melonjak hingga 200%.

Ketika pada saat pandemi pembelian dan pencarian informasi berfokus pada platform digital, kini para konsumen mulai memiliki keinginan untuk datang ke toko offline secara langsung. Terlihat dari dengan kata kunci “Toko TV Terdekat” yang naik 20% dan “Toko Elektronik Terdekat” naik 30%. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER