Rabu, 21 Februari 2024
FINTECHNESIA.COM |

Xplorin dan Bank Indonesia NTB Dorong Transaksi Berbasis QRIS di WSBK 2023

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Side event Nusantara Festival semakin menyemarakkan WSBK Indonesia 2023 pekan lalu . Sebanyak kurang lebih 200 UMKM juga turut meramaikan area Lombok Sumbawa Fair. 

Ajang ini menyuguhkan keberagaman budaya NTB berupa kerajinan, kuliner, maupun pertunjukan seni budaya lokal.

Guna mempermudah penonton dalam melakukan transaksi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berkolaborasi bersama PT ITDC Nusantara Xplorin (Xplorin). 

Program ini gerakan 100% non-tunai (100% cashless) pada event WSBK 2023. Tujuannya membantu program digitalisasi UMKM serta melihat langsung dampak ekonomi & sosial kepada UMKM serta masyarakat lokal dari pergelaran event skala Internasional.

PT ITDC Nusantara Xplorin yang ditunjuk oleh PT MGPA Nusantara Jaya sebagai pelaksana event World Superbike (WSBK) 2023 pada 3-5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit. Perusahaan melaksanakan program digitalisasi UMKM dengan gerakan transaksi non tunai 100% berbasis QRIS bagi seluruh UMKM yang berpartisipasi.

Direktur Utama Xplorin, Gemma Pratama mengatakan, layanan ini guna memberikan kemudahan bagi pengunjung terutama wisatawan asing yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia agar tetap bisa bertransaksi selama event berlangsung. 

“Layanan transaksi digital yang kami siapkan ini terwujud berkat kerjasama dengan Kantor Perwakilan BI Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Netzme,” kata Gemma, pekan lalu. 

Inisiatif layanan transaksi digital ini juga merupakan bagian dari program Gerakan 100% Non-tunai yang berbasiskan QRIS. 

Baca juga: Bersama BI dan ASPI, DANA Turut Luncurkan Layanan QRIS Transfer, Tarik Tunai, dan Setor Tunai 

“Kami berharap gerakan ini mendorong peningkatan jumlah pengguna dan transaksi menggunakan layanan pembayaran non tunai/digital berbasis QRIS, khususnya di daerah NTB,” lanjut Gemma.

Xplorin jugz berkolaborasi bersama dengan PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) sebagai Penyedia Jasa Pembayaran yang menyediakan layanan dan monitoring sistem berbasis QRIS Xplorin yang digunakan oleh seluruh UMKM yang terdaftar di Lombok Sumbawa Fair dan juga para UMKM di lokasi Paddock. 

Sebelumnya Netzme juga kolaborasi dengan pihak Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta pada ajang Jakarta E-Prix 2022 di Jakarta Creative Hub (JCH), Jakarta. Sebanyak 160 pelaku UMKM yang berpartisipasi berasal dari UMKM binaan Jakpreneur dengan menggunakan QRIS Jakpreneur sebagai metode pembayaran di Formula E.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB, Heru Saptaji mengatakan QRIS hadir sebagai solusi pembayaran yang lebih praktis bagi masyarakat maupun merchant.

“Cukup satu QR Code saja bisa melayani berbagai aplikasi pembayaran digital yang sudah mendapatkan izin di Indonesia,” ujar Heru.

Guna mendukung pencapaian target 45 juta pengguna dan 1 miliar transaksi QRIS secara Nasional di Tahun 2023, Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB juga terus melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholders lain, seperti pemerintah daerah, perbankan, perguruan tinggi, dan berbagai Komunitas lain.

“Dengan adanya kemudahan dalam bertransaksi, kami optimistis terjadi perputaran uang yang besar selama WSBK sehingga semakin menambah manfaat bagi ekonomi Provinsi NTB,” tutup Gemma. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER