Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Viu Mencetak Pertumbuhan Kuat, Dalam Pelanggan Maupun Iklan Digital

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Dalam laporan keuangan perusahaan induk, PCCW Limited, untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2022, Viu terus memberikan pertumbuhan pendapatan yang kuat. Serta mencapai EBITDA positif untuk tahun pertama. 

Pengguna aktif bulanan alias monthly active user (MAU) tumbuh sebesar 13% year on year (yoy) menjadi 66,4 juta. Dan pelanggan berbayar tumbuh lebih dari 45% untuk periode yang sama menjadi 12,2 juta.

Viu tetap berada di posisi teratas dalam kategori MAU selama 12 kuartal berturut-turut. Dan peringkat kedua dalam pelanggan berbayar serta streaming di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Pendapatan Viu juga tumbuh sebesar 45% yoy menjadi 206 juta dollar AS pada tahun 2022. Diluncurkan pada tahun 2015, Viu adalah salah satu pengadopsi paling awal di kawasan ini dengan model pendapatan ganda, langganan premium dan periklanan digital.

Laporan MPA* yang baru-baru ini dirilis “SEA Online Video Consumer Insights & Analytics, Q4 2022” menggambarkan kinerja Viu untuk tahun ini sebagai berikut:

Video Online Asia Tenggara menambahkan 4,6 juta pelanggan baru berbayar pada quartal IV 2022. Ini pertumbuhan kategori tertinggi sejak kuartal II 2021.

Baca juga: Viu Mencetak Pertumbuhan Pendapatan 30% di Tahun 2021

Viu adalah salah satu dari dua layanan OTT teratas yang mendorong sekitar 51% penambahan pelanggan yang dikumpulkan di lima pasar Asia Tenggara. Viu telah membangun funnel akuisisi pelanggan yang kuat melalui model freemium. Dengan fokus yang berkembang pada konten berbayar dan pelanggan.

Janice Lee, CEO Viu dan Managing Director PCCW Media Group mengatakan, perluasan konten Viu Original pada tingkat lokal dan regional mendorong pertumbuhan pengguna baru. Juga meningkatkan engagement, dan menghasilkan pertumbuhan yang kuat.

“Melihat ke depan pada tahun 2023, kami terus fokus untuk menghadirkan rangkaian penawaran konten yang hebat kepada audiens kami. Dengan sebagian besar pasar kembali ke masa pra-pandemi. Selain itu kami juga bersiap untuk lebih terhubung dan engage dengan pengguna kami di luar layar mereka dengan mendekatkan para bintang kepada penggemar di berbagai pasar melalui serangkaian pengalaman dan acara live,” terang Janice, pekan lalu. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER