Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ramadan Sebentar Lagi, Begini Lima Cara Pelaku Bisnis Genjot Penjualan Melalui WhatsApp 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Ramadan kian dekat. Para pelaku bisnis mulai mencari cara menjaga agar bisnis tetap berjalan lancar. Selain itu selalu terhubung dengan para pelanggan. 

Bagi sebagian besar bisnis, WhatsApp merupakan sarana yang aman, andal, dan personal untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Terutama karena konsumen telah banyak beralih menggunakan aplikasi perpesanan ini 

Dalam rilis, Rabu (8/3), berikut lima strategi WhatsApp meningkatkan penjualan dan memastikan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

  1. Membangun pengalaman perpesanan yang menyenangkan bagi pelanggan

Bagi pelaku bisnis kecil di Indonesia, WhatsApp telah menjadi bagian penting dari aktivitas mereka sehari-hari. Mereka dapat menggunakan WhatsApp sebagai situs web dan konter toko virtual untuk menampilkan produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan mendorong tingkat penjualan. 

Anda dapat memperbarui informasi jam kerja di profil bisnis pada aplikasi WhatsApp Business untuk memberitahukan tetap buka selama bulan Ramadan. Atau mengirim pesan untuk menyampaikan kepada pelanggan ketika Anda sedang tidak bisa dihubungi atau sedang shalat subuh atau magrib.

  1. Membuat pelanggan merasa lebih terhubung dengan bisnis/merek

Mengirim pesan yang dipersonalisasi menciptakan koneksi dan meningkatkan relevansi pesan, mengarahkan pengguna menggunakan tombol. Dan menggunakan pesan produk dengan keranjang dan pilihan produk adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh berbagai bisnis untuk menciptakan pengalaman interaktif yang meningkatkan keterikatan dan kualitas. 

Jika Anda memiliki produk, penawaran, atau promosi khusus selama bulan Ramadan, ada baiknya Anda menyorotnya di katalog agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin mereka beli.

Baca juga: Sepanjang Tahun 2022, WhatsApp Tambahkan 20 Fitur Baru, Ini Daftarnya 

  1. Menarik pelanggan baru

Untuk usaha kecil, menemukan pelanggan baru adalah hal yang sangat penting. Setelah Anda berhasil menawarkan pengalaman yang berharga kepada pelanggan Anda, penting untuk mengarahkan lebih banyak orang untuk mengunjungi kanal WhatsApp Anda. 

Tambahkan kode QR ke etalase, situs web, kemasan produk, dan materi pemasaran Anda agar dapat dengan mudah dipindai dan ditautkan ke WhatsApp. Kode QR dapat ditemukan melalui pilihan Alat Bisnis → Pintasan. Anda juga dapat dengan mudah berbagi kode QR dengan orang lain melalui aplikasi.

  1. Meningkatkan kunjungan dari media sosial

Banyak pelaku bisnis kecil dan menengah yang kini hadir di Instagram dan Facebook. Menggunakan Alat Bantu Bisnis, Anda dapat menambahkan tombol WhatsApp ke akun Facebook atau Instagram sehingga ketika pelanggan mengklik tombol tersebut, percakapan di aplikasi WhatsApp bisnis akan segera dimulai. 

  1. Pastikan bisnis tetap terorganisir dengan baik

Bulan Ramadan adalah waktu yang sangat menyibukkan bagi berbagai bisnis, terutama sebagian besar aktivitas perdagangan terkonsentrasi hanya dalam beberapa jam dalam sehari. Mengingat potensi arus percakapan dari pelanggan baru, sangat penting untuk menjaga bisnis dan percakapan Anda agar tetap terorganisir. 

Seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan dan volume percakapan, Anda dapat beralih dari aplikasi WhatsApp Business ke WhatsApp Business Platform. Ini lebih efektif membantu Anda berinteraksi dengan konsumen dalam skala yang lebih luas. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER