Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Memprediksi, Sepanjang Ramadan Hingga Lebaran 2023 Trafik Meningkat Hingga 30%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata telah menyiapkan jaringan telekomunikasi kuat dan berkualitas menjelang Ramadan dan Lebaran 2023. Penguatan jaringan telekomunikasi sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan data di sepanjang Ramadan dan terlebih saat libur panjang Lebaran.

XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah. Dan ini termasuk di kawasan Sumatera.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, XL Axiata menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan untuk keperluan Ramadan, maupun libur panjang Lebaran.

Biasanya di kedua momentum tersebut trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data meningkat cukup signifikan.

“Kami memprediksi, sepanjang Ramadan hingga Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat hingga 30% dibandingkan hari biasa,” kata Gede, Senin (13/3).

Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Ramadan dan Lebaran ini bisa terjadi karena tidak terlepas dari perubahan perilaku pelanggan. Pada kedua momentum tersebut, masyarakat Indonesia juga semakin banyak melakukan pertemuan tatap muka secara daring/online dengan keluarga dan kerabat, komunitas, dan teman-teman yang sudah lama tidak saling bertemu.

Sarana digital menjadi salah satu solusi bagi masyarakat, termasuk pelanggan XL Axiata, untuk menjalin silaturahmi. Selain itu, banyak layanan digital yang menyajikan hiburan dan media sosial yang bisa menjadi sarana bagi masyarakat dan pelanggan untuk mengisi masa liburan panjang.

Gede memperkirakan, trafik akan meningkat hingga 10% selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat hingga 15% saat masuk di masa libur Lebaran.

Baca juga: XL Axiata Prediksi, Trafik Naik 10% di Ramadan dan 15% di Musim Lebaran

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa, akan menjadi perhatian khusus.

“Saat ini, di hari normal biasa, jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3x dari hari normal,” imbuh Gede.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada tren penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran.

Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata.

XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.

Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 140 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.

Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC). (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER