Selasa, 19 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Facebook Terus Berkembang dengan Dua Miliar Pengguna Aktif Harian di Seluruh Dunia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Dalam laporan pendapatan Kuartal IV 2022 di Februari lalu, Facebook mengumumkan telah mencapai dua miliar pengguna aktif harian di seluruh dunia.

Di Indonesia, jumlah grup yang aktif di Facebook telah bertumbuh. Dari 7,5 juta di tahun 2020 menjadi 10,5 juta grup saat ini.

Salah satu inovasi utama yang membuat Facebook terus berkembang adalah penemuan yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI). Sehingga memungkinkan platform ini merekomendasikan konten yang sangat relevan bagi para penggunanya. 

Hal ini  menjadi kunci bagi Reels, yang terus berkembang dengan cepat/m Dalam Facebook, kecerdasan buatan (AI) juga mampu merekomendasikan semua jenis konten di luar Reel: foto, teks, grup, video berdurasi pendek dan panjang, dan masih banyak lagi. 

Meta Head of Facebook Tom Ellison menjelaskan, selama hampir 20 tahun terakhir, orang-orang datang ke Facebook untuk berbagai hal. Termasuk untuk melihat apa yang sedang terjadi di lingkungan mereka termasuk dengan teman, keluarga, dan grup di mana hubungan yang berarti terjadi. 

“Telah terjadi pergeseran dalam beberapa tahun terakhir. Orang-orang lebih banyak datang ke Facebook untuk mendapatkan hiburan dan menemukan sesuatu yang baru. Alasan-alasan baru inilah yang menjadi alasan mengapa kami berinvestasi dalam penemuan yang didukung oleh AI,” terang Ellison, Senin (20/3).

Facebook menggunakan AI untuk mengidentifikasi kreator yang menarik minat pengguna dan meningkatkan cara merekomendasikan Reel dan konten lain dari kreator di Feed pengguna.

Facebook juga memperkenalkan beberapa fitur untuk memudahkan pengguna menemukan kreator yang relevan dengan minat mereka. Label kreator yang sedang naik daun untuk kreator populer, unit saran di Feed yang merekomendasikan kreator, dan ajakan Follow yang lebih konsisten untuk membantu pengguna mengikuti kreator yang mereka temukan di rekomendasi atau komentar.

Fokus Facebook terhadap kreator mendorong mereka untuk berinvestasi besar-besaran dalam menciptakan alat bantu bagi para kreator.

Baca juga: Kontribusi Kabel Laut ke Perekonomian, Ini Kata Meta, Induk Facebook

Juga menyederhanakan pengalaman Facebook bagi para kreator, meluncurkan lebih banyak format untuk ekspresi kreatif, menyediakan alat bantu untuk membantu mengembangkan dan mengelola penggemar komunitas, serta memperluas cara-cara untuk mendapatkan penghasilan sebagai kreator di Facebook. 

Para kreator memiliki banyak pilihan saat ini. Meskipun Fdak selalu menjadi platform utama para kreator, Facebook merupakan aplikasi yang penting bagi para kreator untuk melanjutkan perjalanan mereka.

Menawarkan kesempatan untuk menjangkau audiens global yang luas, untuk terhubung secara aman dan lebih dalam dengan komunitas mereka, serta untuk mengakses salah satu penawaran monetisasi yang paling efektif dibandingkan dengan aplikasi kreator lain.

Di Indonesia, Facebook juga menjadi lebih relevan bagi kaum milenial dan dewasa muda. Facebook memainkan peran penting untuk membangun perjalanan kewirausahaan di kalangan milenial dan dewasa muda. Pembicaraan seputar bisnis fesyen di kalangan pengusaha muda Indonesia tergolong tinggi.

Misalnya perbincangan seputar bisnis Baju Kurung meningkat hingga 195% dan bisnis Baju Gamis sukses besar di Facebook. Facebook juga merupakan platform yang menghubungkan orang dengan makanan yang mereka sukai dan ingin mereka bagikan.

Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia mengatakan, selama bertahun-tahun pihaknya telah membangun salah satu penawaran monetisasi yang paling kuat dari semua aplikasi kreator. Sehingga para kreator dapat menghasilkan uang dengan cara yang paling masuk akal bagi mereka.

“Tahun ini, kami fokus untuk mengadaptasi dan meningkatkan fitur-fitur ini untuk video berdurasi pendek. Kami telah mulai menguji coba iklan kami di Facebook Reel di Indonesia untuk membantu lebih banyak kreator mendapatkan pendapatan iklan untuk Reel mereka,” terang Pieter. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER