Minggu, 16 Juni 2024
FINTECHNESIA.COM |

OVO Kerjasama dengan Alfamart, Mendorong Penggunaan QRIS 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | OVO menggandeng Alfamart. Kali ingan meluncurkan fitur baru, menghadirkan metode pembayaran QRIS CPM (Customer Presented Mode).

QRIS CPM merupakan sistem pembayaran berbasis teknologi QR diyakini mampu memudahkan dan mempercepat pengguna dalam melakukan transaksi non tunai. Saat melakukan transaksi, pengguna hanya perlu semudah menunjukkan kode QR yang ada pada aplikasi OVO. Lalu dibaca dan dipindai oleh mitra merchant.

“Pengkinian proses transaksi elektronik tentunya dapat mempercepat dan mempermudah pengguna saat bertransaksi. Sehingga volume transaksi pun dapat mengalami peningkatan,” terang Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan, Senin (20/3). 

Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO mengungkapkan, inovasi QRIS CPM di aplikasi OVO adalah bentuk nyata dukungan terhadap inisiatif pemerintah dan Bank Indonesia (BI) dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. 

“Kolaborasi OVO dengan Alfamart, diharapkan semakin memungkinkan masyarakat di ratusan kota, kabupaten yang jauh dari kota besar, untuk bertransaksi digital secara mudah dan aman tanpa perlu membawa uang tunai,” terang Karaniya.

Baca juga: Grab dan OVO Dukung ASEAN Para Games, Tebar Voucher Diskon

Direktur Marketing Alfamart, Ryan Alfons Kaloh menyatakan, QRIS CPM OVO di Alfamart makin melengkapi opsi pembayaran cashless bagi konsumen. Dengan
begitu dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi konsumen setia sekaligus meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran di toko-toko Alfamart di seluruh Indonesia.

“Ini juga sejalan dengan program Kementerian Perdagangan agar QRIS bisa dilakukan di peritel lebih luas lagi,” ujar Ryan.

Hadirnya QRIS CPM di platform dompet digital OVO sejalan dengan misi Bank Indonesia dalam mendorong digitalisasi industri sistem pembayaran di tanah air. 

Data BI di tahun 2022 mencatat transaksi uang elektronik melonjak sebesar 30 persen dan mencapai Rp 399,6 triliun dari tahun sebelumnya.

Selain Alfamart, OVO juga dapat digunakan sebagai metode pembayaran di merchant lain. Seperti Alfamidi, Dan+Dan, Lawson, dan Alfagift. Para pengguna juga sudah dapat melakukan pengisian saldo OVO (Top-up).

Saat ini Alfamart juga telah hadir di Grabmart S.ehingga pelanggan dapat membeli kebutuhan mereka. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER