Sabtu, 22 Juni 2024
FINTECHNESIA.COM |

BCA Menyalurkan KUR Bisnis Laundry Sebesar Rp20 Miliar

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Central Asia (BCA) mendorong pertumbuhan perekonomian nasional dengan memperkuat UMKM. Tercermin dari komitmen penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang bernilai hingga Rp 20 miliar untuk para pengusaha bisnis laundry.

BCA menggandeng PT MLC Indonesia dan PT Triton Internasional dalam program penyaluran KUR ini. Fokus KUR ini adalah menyediakan akses kredit bagi masyarakat dalam menjalani bisnis penatu, tapi kerap terkendala oleh modal.

EVP Commercial dan SME BCA Freddy Iman mengatakan, bsnis laundry merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan untuk segmen UMKM.

“BCA percaya dengan memperluas akses modal kepada para pengusaha bisnis ini dapat mendorong industri ini terus berkembang sekaligus mendukung geliat UMKM yang merupakan salah satu pilar utama perekonomian nasional,” terang Freddy, Selasa (21/3).

BCA menggandeng BCA Multifinance untuk mendukung kelancaran operasional penyaluran KUR. Dalam program ini, perseroan memberikan limit KUR masing-masing sebesar Rp 10 miliar kepada PT MLC Indonesia dan PT Triton Internasional. Kredit tersebut diharapkan dapat diserap oleh para pengusaha laundry terutama untuk menyediakan mesin cuci berkualitas.

Baca juga: Wow, Pembagian Dividen BCA Naik 41,4% Dibandingkan Tahun Lalu

PT Triton Internasional merupakan distributor resmi peralatan mesin cuci Maytag di Indonesia yang beroperasi sejak 2009. Sementara itu, PT MLC Indonesia distributor resmi mesin cuci komersial LG di Indonesia. Perusahaan ini penggagas konsep coin laundry dan self-service laundry di Indonesia yang sudah beroperasi sejak 2017.

Kerja sama BCA dengan PT Triton Internasional dan PT MLC Indonesia diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat dalam membuka pintu akses permodalan yang lebih luas kepada UMKM khususnya yang bergerak di jasa laundry.

Sepanjang 2022, portofolio pembiayaan keuangan berkelanjutan BCA mencapai Rp 183,2 triliun. Tumbuh 14,9% secara year on year (yoy).

Pencapaian tersebut berkontribusi 25,4% terhadap total kredit BCA. Dari nominal tersebut, pembiayaan UMKM mencapai 55,8%. Sementara itu, penyaluran KUR sepanjang 2022 meningkat hingga 134% yoy

“Selain memberikan akses permodalan terhadap UMKM, kami berharap penyaluran KUR ini juga dapat membuka lapangan kerja secara tidak langsung dalam industri laundry ini,” kata Kepala Pengembangan Bisnis BCA KCU Alam Sutera, Augustina. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER