Selasa, 16 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bukan Cuma Suntik Modal, Ini Peran Penting Investor di Startup

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menjelang akhir kuartal satu tahun 2023, masih ramai terrait topik badai industri teknologi belum usai. Hal ini diperuncing dengan isu resesi global tahun 2023.

Setahun terakhir, banyak perusahaan teknologi baik di dunia maupun dalam negeri yang terus berusaha dan berjuang melewati masa suram. Mulai layoff besar-besaran hingga konflik antara manajemen dengan investor.

Padahal peran investor sangat vital dalam perkembangan startup. Mulai dari angel investor di tahap awal atau seed funding, hingga investor yang melakukan pendanaan seri awal hingga menjadi perusahaan publik.

Namun selama ini banyak investor yang hanya sebagai pemodal. Padahal banyak peran investor yang bersifat nonmaterial. Apalagi dikala “winter season” yang tengah melanda berbagai perusahaan teknologi.

“Kalau ada startup yang lagi susah, bantulah. Bantu itu, tidak harus dengan uang. Tapi, meluangkan waktu 1 jam, untuk ngopi dan ngobrol mendengarkan apa yang menjadi masalah bagi founder” ucap Venture Capitalist yang juga CEO Prasetia Dwidharma, Arya Setiadharma, pekan lalu.

Baca juga: Sepanjang Tahun 2022, Kinerja Modal Ventura Meningkat, Jumlah Perusahaan Menurun

Tomy Yunus, CEO dan Co-Founder Cakap memandang, investor sebagai partner atau mitra, bukan sekadar pemberi modal.

“Investor as a partner, kalau tidak, kita juga tidak akan bisa terbuka untuk cerita. Misalkan sudah ada masalah dan kita tidak punya support. Berbeda, kalau kita tahu investor dan partner support kita, chance untuk bounce back kita lebih tinggi,” jelas Tomy.

Selama ini Arya melihat banyak peran pemodal yang mungkin terlihat sederhana, tapi diabaikan. Ia mencontohkan, jika startup minta additional funding, tidak harus kita kasih juga.

“Kita bisa bantu dengan hal lain. Misalnya mengenalkan dengan investor baru, atau dengan calon customer. Ini yang sebenarnya saya harapkan dari venture capital lain,” ujar Arya yang juga menjabat Wakil Ketua Komite Tetap Kemitraan dan Permodalan Wirausaha KADIN Indonesia. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER