Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Antisipasi Kebutuhan Masyarakat Jelang Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 49,6 Triliun

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Mandiri menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp 49,6 triliun. Jumlah ini mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat selama 30 hari ke depan. Yaitu pada 29 Maret – 26 April 2023 saat Ramadan dan jelang Idul Fitri 1443 H.

Alokasi ini meningkat sekitar 7,9% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. 
 
Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha mengatakan, sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri. Jumlahnya diprediksi sekitar Rp 16,5 triliun per hari selama periode tersebut. 
 
“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 13.068 mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak akhir bulan lalu hingga saat libur Lebaran,” kata Rudi, Jumat (31/3).
 
Selain ATM, Bank Mandiri mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat. Antara lain dengan mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.
 
“Kami telah melakukan preventive maintenance untuk sekitar 3.300 ATM dan 37.200 EDC yang berlokasi strategis seperti di rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata,” katanya.

Baca juga: Wow, Bank Mandiri Cetak Laba Rp 41,2 Triliun di 2022, Melesat 46%
 
Nasabah juga dapat menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri yang kini telah mampu memenuhi berbagai kebutuhan.

Seperti cek saldo, pembayaran tagihan bulanan, top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, serta pembayaran dengan Quick Response (QR) payment. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta dan pesawat pada super apps ini. 
 
“Dengan fitur top up mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” imbuh Rudi.
 
Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Bank Mandiri menyiapkan stock kartu hingga 735.000 kartu.
 
Bank Mandiri juga menyiapkan jaringan TI secara optimal. Mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring TI yang selalu siaga.

Selama bulan Ramadhan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus “Nasabah dapat mengakses ragam program tersebut melalui bmri.id/livinrmdn2023. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER