Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Simak Lima Tips Parenting ala Tokopedia dan Psikolog Dampingi Puasa Pertama Anak

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Tokopedia mencatat, produk Ibu dan Anak menjadi salah satu kategori produk dengan kenaikan jumlah transaksi paling tinggi menjelang dan saat awal Ramadhan 2023 dibanding pekan sebelumnya. Tepatnya periode 20 Maret – 26 Maret 2023.

“Beberapa subkategori produk seperti Perawatan Bayi, Popok, Makanan dan Susu Bayi, Pakaian Anak Laki-laki dan Pakaian Anak Perempuan menjadi yang paling laris di kategori produk Ibu dan Anak menjelang dan saat awal Ramadhan 2023 lewat Tokopedia,” kata Mom and Baby Category Development Senior Lead Tokopedia, Ditra Putra Komala, pekan lalu.

Pelaku usaha bisa menciptakan peluang berjualan produk yang berkaitan dengan kebutuhan ibu dan anak. “Kategori ini kerap menjadi salah satu yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi. Termasuk di awal Ramadan tahun ini,” tambah Ditra.

Di sisi lain, bulan Ramadhan bisa menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan ibadah puasa dan beragam kegiatan Ramadhan lainnya kepada anak.

Tokopedia–melalui ekosistem Tokopedia Parents mendapat produk kebutuhan dan informasi yang relevan dengan anak, keluarga dan rumah tangga. Tokopedia bersama Psikolog Anak, Ayoe Sutomo, membagi tips mendampingi puasa pertama anak.

  1. Kenalkan konsep Ramadhan pada anak sedini mungkin.
    Anak dapat mengenal dan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan Ramadan sedini mungkin.

    Menurut Ayoe, gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak. “Jelaskan bahwa di bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan berpuasa, salat tarawih, serta melakukan berbagai kegiatan sosial seperti berbagi dengan sesama,” saran Ayoe.

    Ajarkan juga pada anak bahwa berpuasa selama Ramahan tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi harus belajar untuk mendalami agama. Salah satunya
    dengan belajar mengaji. “Penjualan buku iqra di Tokopedia melonjak hampir 1,5 kali lipat di awal Ramadhan 2023 dibandingkan pekan sebelumnya,” terang Ditra.
  2. Ajarkan puasa sesuai tahapan usia anak.
    Kemampuan anak untuk berpuasa sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh tahapan usia anak. orang tua sebaiknya mengajarkan puasa bagi anak berdasarkan usia.

    Untuk anak di bawah usia 7 tahun, orang tua bisa memperkenalkan dulu konsep dan kegiatan puasa selama Ramadhan. Orang tua dapat mengajak anak usia 7-8 tahun untuk sahur.

Untuk anak di atas 8 tahun, kesadaran menahan lapar dan haus saat berpuasa seharusnya sudah muncul. Anak juga sudah bisa diajarkan meningkatkan keimanan dengan rajin beribadah, termasuk mengaji dan melaksanakan salat sunah dan tarawih,

Baca juga: Lima Ide Jualan di Bulan Puasa dan Tips Bisnis Online ala Tokopedia, UMKM Wajib Catat

  1. Siapkan makanan dengan nutrisi berimbang untuk sahur dan buka puasa.
    Makanan dengan nutrisi berimbang sangat penting agar tubuh anak tetap kuat selama bulan puasa.

    Pastikan anak minum banyak air putih dan menghindari makanan gorengan, asin serta tinggi gula secara berlebihan. Mengingat makanan asin membuat tubuh menjadi cepat haus.Sedangkan gula membuat tubuh cepat lapar.
  2. Libatkan anak di berbagai kegiatan dan beri apresiasi.
    Orang tua bisa membantu mengalihkan perhatian anak dari rasa lapar dan haus sekaligus mempererat hubungan melalui beragam rutinitas selama Ramadan.

    “Berikan pujian saat anak berhasil melakukan hal-hal kecil seperti bangun sahur, sikat gigi sebelum imsak dan kegiatan kecil lain,” terang Ayoe.
  3. Ajak anak belanja baju muslim untuk berbagai kegiatan Ramadan.
    Anak juga akan senang ketika diajak memilih warna baju muslim anak yang akan dikenakan saat buka bersama di luar atau ketika keliling masjid untuk salat tarawih.

    “Penjualan baju muslim anak di Tokopedia melonjak hampir 2 kali lipat menjelang dan saat awal Ramadan 2023 (periode data: 20-26 Maret 2023) dibandingkan minggu sebelumnya,” tambah Ditra.

    Jumlah transaksi jilbab anak di Tokopedia meningkat hampir 1,5 kali lipat. Di sisi lain, penjualan baju koko dan gamis anak masing-masing meningkat hampir 2 kali lipat. Jumlah transaksi mukena anak naik lebih dari dua kali lipat. Sedangkan jumlah transaksi sarung anak melonjak 2,5 kali lipat.

    Masyarakat bisa membeli berbagai produk kebutuhan orang tua dan anak, serta mendapatkan informasi yang relevan dengan anak, keluarga dan rumah tangga, melalui ekosistem khusus Tokopedia Parents.

    “Selama 3-9 April 2023, Tokopedia Parents menggelar kampanye Kids Fashion
    Festival dengan deretan promo. Seperti flash sale, cashback dan bebas ongkir,” tutup Ditra. (nin)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER