Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Investasi, Saatnya Melirik Obligasi, Begini Alasannya

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang lebih baik dari ekspektasi dan inflasi yang persisten mendorong pandangan pasar bank sentral masih akan agresif menaikkan suku bunga acuan Fed Funds Rate.

Suku bunga tinggi akan bertahan lebih lama. Di lain pihak, kesulitan finansial beberapa bank regional membuat pasar berharap kebijakan suku bunga harus lebih jinak. 

Perbedaan ekspektasi bank sentral dan pasar, di tengah kondisi yang sangat dinamis ini membuat volatilitas meningkat. Lalu bagaimana hubungannya dengan peluang investasi di pasar obligasi? 

Simak penjelasan Freddy Tedja, Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) mengenai peluang investasi  di pasar obligasi, pekan lalu. 

Baca juga: Simak Kiat Manulife Aset Manajemen Indonesia Mengatur Keuangan Saat Harga BBM Naik

Menuju ekspektasi puncak tingkat suku bunga

Secara historis, volatilitas pasar finansial meningkat menjelang puncak siklus suku bunga atau pengetatan moneternya, dan mayoritas negara di dunia saat ini sudah berada pada proses tersebut. 

Saat ini kebanyakan bank sentral di dunia hanya memerlukan 1-2 kali kenaikan lagi untuk mencapai puncak suku bunga sesuai outlook. Kondisi ini berbeda dengan tahun lalu. Saat itu, suku bunga justru sedang naik agresif dengan frekuensi dan besaran yang cukup besar.

Di Indonesia, Gubernur Bank Indonesia (BI) menegaskan, tingkat suku bunga saat ini sudah cukup untuk menurunkan ekspektasi inflasi umum yang diperkirakan akan mencapai target 4% pada kuartal kedua tahun ini. 

Kendati demikian, suku bunga BI masih berpotensi naik jika data ekonomi AS terus menguat, yang membuat The Fed masih harus melakukan pengetatan moneter diluar ekspektasi yang diharapkan sebelumnya.

Walaupun saat ini volatilitas pasar global sedang meningkat,  pemulihan ekonomi China yang masih terus berlangsung pasca dicabutnya kebijakan ‘zero covid’ mampu menjadi penyeimbang dan penopang fundamental pasar Asia.

Kinerja pasar obligasi Indonesia

Ekspektasi atas berakhirnya siklus kenaikan suku bunga membuat potensi pasar obligasi kembali menarik. Di tengah volatilitas dan keluar masuk arus dana investor asing, pasar obligasi Indonesia menunjukkan ketahanan yang baik. Kondisi fundamental domestik yang baik dan imbal hasil riil yang atraktif mampu menjaga pasar obligasi Indonesia dari tekanan global. 

Dalam dua bulan pertama di tahun 2023, pasar obligasi Indonesia mencatatkan kinerja +1,5%. Lebih unggul dibandingkan rata-rata negara berkembang (+0.9%), China (+0.1%), AS (+0.1%), maupun kawasan zona Euro (+0.1%).

Keuntungan masuk di pasar obligasi

Pasar obligasi Indonesia memberikan tingkat imbal hasil yang atraktif, sehingga dapat dijadikan sarana investasi yang menarik di tengah volatlitas pasar finansial. 

Siklus kenaikan suku bunga yang berada di tahap akhir dapat menciptakan dorongan tambahan untuk kinerja pasar obligasi, yang secara alami memang lebih superior di tengah iklim suku bunga stabil atau menurun. 

Sebagai contoh, reksa dana Manulife Obligasi Unggulan (MOU) Kelas A memiliki kinerja 1 tahun terakhir sebesar 7,07% per akhir Februari 2023. Ini masih di atas tolok ukurnya, yaitu rata-rata bunga deposito 3 bulan di bank lokal +2% net setelah pajak, yang sebesar 4. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER