Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Saham Bank Mandiri Resmi Stock Split, dengan Rasio 1:2

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Mandiri resmi melakukan pemecahan saham yang beredar atau stock split dengan rasio 1 : 2. Lewat aksi korporasi ini, saham bank berkode emiten BMRI per perdagangan sesi I Selasa (4/4) sudah memakai harga baru.

Merujuk pada pembukaan perdagangan bursa, harga baru BMRI berada di posisi Rp 5.250 per lsaham. Sebelumnya, pada penutupan perdagangan Senin (3/4) saham BMRI tutup di posisi Rp 10.525. Naik sebesar 1,94%.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha menjelaskan, langkah stock split ini guna meningkatkan likuiditas saham BMRI. Selain itu memperluas aksesibilitas investor untuk berinvestasi pada perusahaan.

Melansir keterbukaan informasi, sebelum melakukan pemecahan, nilai nominal saham BMRI sebesar Rp 250 per saham, dengan jumlah saham 46,66 miliar.

Setelah pemecahan saham nilai nominal saham bank BUMN ini adalah Rp 125 per saham, dengan jumlah saham sebesar 93,33 miliar.

Baca juga: Wow, Bank Mandiri Cetak Laba Rp 41,2 Triliun di 2022, Melesat 46%

Sedangkan, jumlah saham BMRI dalam modal dasar juga akan bertambah dari semula 64 miliar menjadi 128 miliar pasca stock split.

“Untuk saham Seri A Dwiwarna akan tetap dipertahankan satu saham dan sisanya diperhitungkan menambah jumlah saham Seri B milik Negara Republik Indonesia dan tetap menjadi pemegang saham pengendali perseroan,” terang Rudi, Selasa (4/4).

Rudi menambahkan, keputusan stock split ini merupakan strategi perusahaan dalam menjaga stabilitas harga saham BMRI. Selain itu memberikan kesempatan lebih luas bagi investor untuk berpartisipasi di pasar modal.

Ke depan Bank Mandiri akan tetap fokus pada pertumbuhan bisnis dan peningkatan kinerja keuangan di tengah tantangan ekonomi. “Kami berharap dengan stock split ini, investor akan lebih mudah untuk berinvestasi pada saham BMRI dan turut mendorong pertumbuhan bisnis Bank Mandiri secara berkelanjutan,” tuturnya.

Pemecahan saham Bank Mandiri ini bukan menjadi yang pertama. Bank Mandiri pernah menggelar aksi serupa pada 13 September 2017 dengan rasio sebesar 1:2.

Saat itu, saham BMRI yang diperdagangkan menjadi Rp 6.700 per saham dari harga sebelum stock split di kuartal III 2017 sebesar Rp 13.400 per saham. (alo)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER