Minggu, 16 Juni 2024
FINTECHNESIA.COM |

Survei Grab Menyebut, Mitra Pengemudi Betah dan Enggan Jadi Mitra Ojol Lain

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Survei Grab Indonesia bekerja sama dengan lembaga riset Indikator menemukan korelasi positif antara program solidaritas dan kesejahteraan terhadap loyalitas Mitra Pengemudi.

Survei ini melibatkan 1.000 Mitra Pengemudi GrabBike di 7 wilayah. Yakni Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.

Hasil temuan menunjukkan bahwa Mitra Pengemudi memiliki loyalitas lebih tinggi berkat terlaksananya sembilan program utama.

Bahkan 91,7% menyebut kecil kemungkinan mereka untuk pindah ke platform ojek online (ojol) lain dan 83,4% mengaku mendapatkan perhatian yang besar dari perusahaan.

“Hasil temuan sangat menarik bagi kami sebagai peneliti. Terlebih, 64% responden hanya bergantung pada pemasukan sebagai Mitra Pengemudi sebagai sumber pendapatan utama. 85% responden merasa bangga menjadi Mitra Pengemudi Grab dan merekomendasikan Grab bagi mereka yang ingin jadi ojol.  Aspek ini kemungkinan diperkuat dengan perbaikan dampak ekonomi yang dirasakan 89,3% responden dan keleluasaan dalam mengatur waktu kerja yang diinginkan oleh 92,2% responden,” ujar Kennedy Muslim, Peneliti Utama Indikator, Rabu (5/4).

Survei melalui wawancara tatap muka. Penelitian dilakukan dengan metode random sampling, dengan margin of error survei diperkirakan +/- 4.5% pada tingkat kepercayaan 95%

Survei ini juga menunjukkan bahwa dari sembilan inisiatif yang dilakukan oleh Grab Indonesia di kuartal empat tahun 2022, terdapat lima program yang dirasa paling menarik oleh responden.

Baca juga: GrabMaps Menawarkan Layanan Berbasis Lokasi Bagi Pelanggan AWS di Asia Tenggara

  1. GrabModal

Program cicilan berbunga rendah yang difasilitasi oleh Julo dan didesain khusus bagi Mitra Pengemudi ini menjadi program terfavorit yang diketahui dan disukai oleh hampir seluruh responden. Sebanyak 54,7% responden pun pernah memanfaatkan cicilan ini khususnya untuk membantu kebutuhan sehari-hari, uang darurat, termasuk untuk pendidikan anak. 

  1. GrabBenefits Day

Bazaar bagi Mitra Pengemudi untuk membeli barang-barang dari Partner GrabBenefits dengan harga terjangkau dan diadakan di berbagai kota tempat Grab beroperasi. Program yang diketahui oleh 85,6% responden ini juga dinilai meringankan pengeluaran harian Mitra lewat diskon dan harga spesial untuk beragam produk, seperti beras, minyak, oli, ban, hingga sepatu sehingga dapat menjadi alternatif belanja yang lebih murah. 

3. GrabScholar: Program Beasiswa Grab

Program beasiswa kerja sama Grab dengan BenihBaik.com yang diperuntukkan bagi Mitra Grab, anak-anak Mitra, dan masyarakat umum berprestasi untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK hingga kuliah (S1) di Indonesia. Pada tahun 2022, total 1.158 beasiswa diberikan bagi anak Mitra dan juga masyarakat umum. Mengingat biaya pendidikan yang cukup besar, program ini juga jadi salah satu favorit karena 99,8% responden yang mengetahui dan mengikuti program mengaku suka terhadap inisiatif ini.

4. Kopdar Komunitas

Pertemuan rutin antara perwakilan Grab dengan para Mitra, baik yang dilakukan secara langsung (offline) maupun online. Diskusi informal semacam ini juga menarik bagi Mitra Pengemudi, seperti disampaikan 83,7% responden yang merasa mudah untuk menyampaikan aspirasi kepada Grab Indonesia melalui acara tersebut.

5. Hari Mitra Grab

Ajang tahunan untuk mengapresiasi para Mitra Grab Indonesia yang loyal dan berdedikasi ini dimulai sejak tahun 2021. Hari Mitra Grab selalu mengundang ribuan Mitra dari Aceh hingga Papua untuk berkumpul bersama. Selain itu, di ajang ini juga diumumkan penerima Apresiasi Dana Abadi dengan beragam hadiah senilai belasan milyar rupiah, seperti mobil, motor listrik, hingga dana tunai.

Sebanyak 42,9% responden yang tahu dan mengikuti acara ini menyebutkan bahwa momen berkumpul bersama di Hari Mitra Grab menjadi hal paling berkesan dan ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Selain lima kegiatan di atas, terdapat empat inisiatif lainnya yang juga menarik bagi para Mitra Pengemudi. Yaitu: Forum Diskusi Mitra (Fordim), Acara Keseruan Akhir Tahun (HAJATAN), Olahraga Bersama Rutin (Laga Solidaritas), Nonton Bareng Film Indonesia di Bioskop bersama Mitra dan keluarganya (Nobar Warga Grab). (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER