Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Menjelang Lebaran, Begini Tips Persiapan Mudik Allianz Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Lebaran semakin dekat. Sebelum memutuskan mudik, pemudik perlu mengetahui cara menghitung biaya mudik sebagai bagian dari strategi mengatur Tunjangan Hari Raya (THR) agar keuangan tidak boncos setelah Hari Raya.

“Sebelum mudik, pastikan merencanakan keuangan dengan matang. Termasuk moda transportasi yang akan dipilih, tempat penginapan di kampung halaman, hingga berapa hari yang akan dihabiskan di kampungv halaman,” ungkap Greget Kalla Buana, Islamic Finance Specialist, pekan lalu.

Agar selamat dan aman sampai kampung halaman, terdapat beberapa tips mudik berdasarkan moda transportasi yang dipilih.

Menurut Alwin Jasim, Head of Personal Lines & Product Development Allianz Utama Indonesia, berikut ini adalah beberapa hal sebelum melakukan mudik menggunakan kendaraan pribadi.

 Lakukan service mobil secara berkala (mesin, rem, tekanan ban, dll)
 Bawa seluruh kelengkapan surat kendaraan dan surat izin mengemudi.
 Jangan melebihi batas kapasitas penumpang
 Upayakan memiliki supir pengganti
 Istirahat setiap 3-4 jam
 Membawa kunci mobil cadangan

Lebih dari itu, Alwin juga menambahkan perencanaan finansial yang dipersiapkan saat mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi. Seperti biaya bahan bakar, biaya tol, biaya makan dan minum sepanjang perjalanan, hingga biaya parkir.

Baca juga: Maybank Indonesia dan Allianz Life Perkenalkan Fitur Wakaf Unitlink Berbasis Syariah 

Setelah menyiapkan hal-hal tadi, Alwin juga mengingatkan risiko dalam perjalanan mudik bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Mulai dari risiko mobil mogok, kecelakaan, dan tindak kejahatan dapat terjadi selamab perjalanan. Terkait dengan proteksi untuk kendaraan, Allianz Utama Indonesia menyediakan solusi perlindungan asuransi kendaraan Allianz Mobilku.

“Para pemudik yang menggunakan Allianz Mobilku sebagai proteksinya bisa mendapatkan beberapa manfaat dan keuntungan, termasuk untuk perlindungan risiko kendaraan,” kata Alwin, pekan lalu.

Bagi para pemudik yang memilih transportasi umum, Alwin juga mengingatkan pentingnya memiliki asuransi perjalanan. Allianz TravelPro juga memberikan perlindungan bagi para pemudik pengguna moda transportasi umum. Seperti kereta api, kapal laut, dan bus. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER