Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Di Kuartal I 2023 Bank Mandiri Cetak Laba Rp 12,6 Triliun, Tumbuh 25,2% 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Mandiri berhasil membukukan kinerja keuangan yang positif pada awal tahun 2023. 

Laba bersih konsolidasi pada kuartal I 2023 mencapai Rp 12,6 triliun. Tumbuh 25,2% dibandingkan periode sama tahun lalu atau year on year (yoy)
 
Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi menyampaikan, pertumbuhan laba tersebut hasil strategi Bank Mandiri yang berfokus pada pendekatan ekosistem bisnis. B aik dari sisi pembiayaan maupun pendanaan. 

Hasilnya, total aset Bank Mandiri konsolidasi sampai dengan akhir Maret 2023 berhasil tumbuh 10,04% yoy. Mencapai Rp 1.908 triliun.  
                                                                                       
Penopangnya, pertumbuhan kredit Bank Mandiri mencapai 12,36% yoy secara konsolidasi menjadi Rp 1.205 triliun. Darmawan menilai, peningkatan kredit Bank Mandiri tentunya tidak terlepas dari semakin membaiknya fundamental ekonomi Indonesia yang solid. 
 
“Melalui pencapaian fungsi intermediasi ini, Bank Mandiri mempertegas peranan sebagai agen pembangunan yang berupaya untuk berkontribusi maksimal terhadap perekonomian di Indonesia,” ujar Darmawan, Selasa (18/4).

Meski kredit tumbuh, rasio kredit bermasalah alias non-performing loan(NPL) bank only yang terus terjaga hingga ke level 1,7% per Maret 2023. Turun dari 2,74% di periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

Bank berkode saham BMRI ini juga telah membentuk pencadangan yang cukup. Tercermin dari coverage ratio di level 337% secara bank only.   
 
“Dalam mendorong penyaluran kredit, kami tetap fokus pada sektor yang prospektif dan merupakan bisnis turunan dari ekosistem segmen wholesale di setiap wilayah,” jelas Darmawan. Sementara net interest margin (NIM) konsolidasi terjaga solid di level 5,4%. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER