Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ada Fitur Keamanan Baru WhatsApp: Perlindungan Akun, Verifikasi Perangkat dan Kode Keamanan Otomatis

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pesan WhatsApp harus bersifat pribadi dan aman layaknya percakapan langsung. Melindungi pesan pribadi Anda menggunakan enkripsi end-to-end adalah dasar dari keamanan tersebut.

“Kami tidak akan pernah berhenti membangun fitur baru guna memberi Anda lapisan privasi tambahan, serta lebih banyak kontrol atas pesan Anda,” tulis WhatsApp dalam keterangan tertulis, pekan lalu.

Banyak dari upaya di balik layar tanpa perlu tindakan apa pun dari Anda. Ada beberapa fitur keamanan tambahan yang akan WhatsApp tambahkan dalam beberapa bulan mendatang.

Perlindungan Akun: Jika Anda perlu mengalihkan akun WhatsApp Anda ke perangkat baru, WhatsApp akan memastikan bahwa itu memang Anda.

WhatsApp meminta di perangkat lama memverifikasi, Anda ingin melakukan langkah ini sebagai pemeriksaan keamanan tambahan. Fitur ini dapat membantu memperingatkan Anda apabila ada percobaan yang tidak sah untuk memindahkan akun Anda ke perangkat lain.

Verifikasi Perangkat: Saat ini, malware perangkat seluler adalah salah satu ancaman terbesar terhadap privasi dan keamanan orang-orang karena dapat memanfaatkan ponsel Anda tanpa izin dan menggunakan WhatsApp Anda untuk mengirim pesan yang tidak diinginkan.

Guna membantu mencegah ancaman ini, WhatsApp menambahkan pemeriksaan untuk membantu mengautentikasi akun Anda—tanpa perlu tindakan apa pun dari Anda—dan melindungi Anda dengan lebih baik apabila perangkat Anda disusupi. Hal ini memungkinkan Anda untuk terus menggunakan WhatsApp tanpa gangguan.

Baca juga: Agar Tetap Terhubung Selama Liburan, WhatsApp Tingkatkan Panggilan

Kode Keamanan Otomatis: Pengguna kami yang paling sadar akan keamanan selalu dapat memanfaatkan fitur verifikasi kode keamanan guna membantu memastikan chat Anda benar-benar sampai ke penerima yang dimaksudkan. Anda dapat memeriksanya secara manual dengan membuka tab enkripsi pada bagian info kontak.

Untuk membuat proses ini lebih efisien dan mudah diakses oleh semua orang, WhatsApp meluncurkan fitur keamanan berdasarkan proses yang disebut “Transparansi Kunci”.

Fitur ini memungkinkan secara otomatis memverifikasi, Anda memiliki koneksi yang aman. Artinya, saat mengeklik tab enkripsi, Anda akan dapat segera memverifikasi bahwa pembicaraan pribadi Anda aman.

Ada tiga cara tambahan untuk membantu mengamankan akun Anda. Tapi ada dua fitur yang dapat diaktifkan hanya oleh Anda: verifikasi dua langkah dan penggunaan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER