Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kerjasama ABB dan PLN Icon Plus, Kembangkan Layanan dan Infrastruktur Pengisi Daya Kendaraan Listrik

BACA JUGA




FinTechnesia.com | ABB dan PLN Icon Plus menandatangani nota kesepahaman menjajaki berbagai peluang pengembangan infrastruktur pengisi daya kendaraan listrik di Indonesia.

Gerard Chan, Presiden Direktur PT ABB Sakti Industri menyampaikan, saat ini Indonesia sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam hal adopsi transportasi kendaraan listrik. Termasuk dalam penyediaan infrastruktur pengisian daya yang andal di berbagai wilayah Indonesia.

“Nota kesepahaman ini menandai komitmen kedua perusahaan untuk mempererat kerja sama dalam pengembangan berbagai layanan terkait pengisi daya kendaraan listrik. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan untuk pemerintah dalam percepatan implementasi e-mobility di Indonesia,” jelas Chan, pekan lalu.  

Melalui kolaborasi ini, ABB and PLN Icon Plus akan melakukan berbagai kajian teknologi, studi serta diskusi terkait pengembangan layanan pengisi daya kendaraan listrik.

Kedua perusahaan akan bersinergi dalam penyediaan layanan pengisi daya kendaraan listrik yang mencakup namun tidak terbatas pada asesmen teknologi, studi pasar, pengembangan platform CSMS (Charging Station Management System), aktivitas marketing dan penyediaan perangkat pengisi kendaraan listrik (charger).

Anne Aprina, Vice President Electric Vehicle Services PLN Icon Plus menyampaikan, pemerintah telah mempersiapkan berbagai regulasi untuk menyambut era kendaraan listrik dalam negeri.

“Ke depan, pertumbuhan industri kendaraan listrik akan semakin berkembang pesat. Maka, PLN Icon Plus terus mengembangkan bisnis Beyond kWh. Terutama untuk mendukung kendaraan bermotor listrik berbasis baterai beserta seluruh ekosistemnya.” tambah Anne.

Baca juga: BNI dan PLN Perluas Jangkauan SPKLU, Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

Berdasarkan data PT PLN (Persero), hingga Desember 2022, jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU di Indonesia sebanyak 588 unit yang tersebar di 257 lokasi. Dibandingkan tahun sebelumnya melesat 120,22%, dari sebelumnya berjumlah 267 unit di 197 lokasi.

PLN Icon Plus mendapat mandat dari PT PLN (Persero) untuk mengembangkan bisnis di luar ketenagalistrikan atau yang disebut dengan istilah Beyond kWh. Selain fokus pada konektivitas dan solusi digital, kini PLN Icon Plus juga tengah mengembangkan solusi energi bersih (green energy) berupa Photovoltaic (PV) Rooftop serta mendorong pertumbuhan EV dan ekosistemnya.

Hal ini juta mencakup pengembangan solusi digital untuk SPKLU dan layanan terkait EV lainnya yang terintegrasi dengan layanan kelistrikan dalam sebuah platform bernama PLN Mobile. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER