Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

MDI Ventures Bangun Kerjasama Strategis dengan Antler Germany di Hannover Messe 2023

BACA JUGA




FinTechnesia.com | MDI Ventures melakukan kemitraan strategis dengan Antler Germany. Ini adalah early-stage venture capital dan global startup generator.

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) di bidang venture capital tersebut dan Antler Germany menandatangani memorandum of understanding (MoU) di Berlin sebagai bagian dari runtutan kegiatan Telkom pada Hannover Messe 2023.

Hannover Messe merupakan acara pameran dagang terkemuka dunia untuk teknologi industri, inovasi, dan digitalisasi.

Kemitraan MDI Ventures dan Antler Germany bertujuan untuk mengeksplorasi potensi portofolio startup global, khususnya startup dengan karakter deeptech. Seperti, sektor bio-tech, cybersecurity, dan climate tech yang ingin menembus pasar Indonesia.

Nantinya, sinergi MDI Ventures bersama Antler Germany bisa mendorong startup deeptech itu untuk memperkuat ekosistem startup di Indonesia. Apalagi, status MDI Ventures sebagai anak usaha Telkom, yang merupakan badan usaha miliki negara di bidang telekomunikasi digital Indonesia.

Baca juga: Nium Dapat Pendanaan Dari MDI Ventures

Direktur Digital Business Telkom, Fajrin Rasyid mengatakan, Telkom Indonesia telah melihat pentingnya melakukan kemitraan dengan venture capital global untuk mengamankan fokus strategis Telkom dalam mengembangkan usaha digitalnya.

“Hari ini, kami menetapkan langkah yang jelas dengan membangun sinergi strategis kami dengan Antler Germany, mewakuli Indonesia sebagai salah satu perwakilan untuk menjalin kemitraan bilateral Indonesia-Jerman,” ujar Fajrin, Kamis (20/4).

Fajrin juga menekankan kemitraan Telkom dengan Antler Germany ini menjadi langkah maju yang besar bagi Telkom dalam membuktikan dan memaksimalkan posisi MDI Ventures sebagai perusahaan venture capital yang telah mencapai tahap global sesuai dengan visi strategis Telkom.

Lewat penandatangan MoU itu, MDI Ventures berharap bisa menciptakan lebih banyak co-investment bersama Antler Germany. Sehingga berdampak positif terhadap startup di Indonesia.

MDI Ventures dan Antler Germany juga ingin menciptakan kolaborasi yang lebih strategis dengan memanfaatkan keahlian dan jaringan global yang dimiliki kedua belah pihak.

Sampai 2022, jaringan startup yang masuk ekosistem MDI Ventures ada sekitar 334 perusahaan dari 11 negara. Sedangkan portofolio startup dari Antler Germany ada sekitar 20 perusahaan.

Antler Germany merupakan bagian dari Antler Global yang total sudah mendanai sekitar 660 startup dari 80 negara, termasuk 12 startup yang ada di Indonesia.

CEO MDI Ventures, Donald Wihardja mengatakan, melalui kemitraan dengan Antler Germany, MDI Ventures akan menfasilitasi potensi investasi startup yang dapat menghadirkan teknologi mutakhir yang menarik, dan dapat menguntungkan pasar Indonesia.

“Kami [MDI ventures] juga bisa memfasilitasi pertumbuhan dan kontribusi mereka terhadap ekosistem startup di Idnonesia melalui akses MDI ke bisnis BUMN,” ujarnya. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER