Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Grup Modalku Telah Salurkan Pendanaan Lebih dari US$ 3 Miliar

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Grup Modalku telah menyalurkan pendanaan sebesar lebih dari US$ 3 Miliar atau sekitar Rp 45 triliun. Pendanaan itu kepada lebih dari 5,1 juta transaksi pendanaan UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Lebih dari 100.000 UMKM di lima negara telah memperoleh akses pendanaan untuk mengembangkan bisnis. Grup Modalku terus konsisten mendukung UMKM yang kurang terlayani melalui berbagai fasilitas pendanaan jangka pendek yang ditawarkan dengan tetap menjaga tingkat default grup di bawah 2%.

Grup Modalku mulai menawarkan solusi selain pendanaan. Seperti payments
atau pembayaran dan collect payment yang dapat digunakan UMKM untuk menerima pembayaran dari pelanggan mereka.

Sejak menjalankan bisnis pembayaran, Grup Modalku mencatat pertumbuhan pada nilai transaksi bruto (GTV) dari tahun ke tahun sebesar tiga kali lipat pada produk Elevate di Singapura dan Malaysia serta melalui integrasinya pada CardUp sebagai solusi layanan pembayaran di tahun 2022.

Reynold Wijaya, Co-Founder & CEO Modalku mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun yang penting bagi Grup Modalku di tengah kondisi makro yang tidak menentu.

Modalku meraih pendanaan Seri C+, meningkatkan penyaluran pendanaan di Thailand dan Vietnam, memperdalam proposisi pendanaan lokal. Lalu menerima fasilitas kredit pertama dari bank global komersil, HSBC, senilai US$ 50 JJta atau sekitar Rp 737 miliar.

“Juga memasuki industri pembayaran bersama CardUp, dan melakukan co-investment dengan Bank Index, karena kebutuhan UMKM terus berkembang selain pendanaan,” kaya Reynold, pekan lalu.

Baca juga: Modalku Ekspansi Bisnis, Jalani Bisnis Multifinance yang Fokus ke Pembiayaan Produktif

Saat ini, Grup Modalku bersama CardUp sedang mengembangkan platform keuangan digital terpadu bagi UMKM.

Akuisisi ini juga mendatangkan talenta terbaik di bidang pembayaran (payments) di Grup Modalku. Termasuk di Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, beserta dengan tim operasional di Hong Kong dan India.

Modalku juga memperkenalkan Elevate sebagai solusi pengeluaran bisnis yang dilengkapi dengan fasilitas kredit. UMKM dapat menikmati akses kredit lebih cepat dengan proses persetujuan pengajuan hanya membutuhkan waktu satu hari kerja.

Sejak meluncurkan Elevate di Singapura, Grup Modalku telah melayani hampir 2.000 UMKM yang menjadikan Elevate sebagai kartu korporat pertama mereka.

Saat ini, industri UMKM yang menggunakan produk Elevate bergerak di sektor perdagangan besar dan eceran, informasi dan komunikasi, layanan profesional, ilmiah dan teknis, konstruksi, serta manufaktur.

Saat ini Grup Modalku juga sedang menjajaki potensi untuk memperkenalkan produk Elevate di negara lain.

Dengan menggabungkan Elevate maupun kartu lain yang dimiliki UMKM dengan CardUp, UMKM dapat menggunakan kartu mereka di tempat yang tidak menerima kartu dan memfasilitasi menerima pembayaran (collect payment)
dari pelanggan mereka.

Ke depan, solusi pembayaran CardUp akan diperkenalkan secara bertahap di seluruh pasar lain yang dioperasikan oleh Grup Modalku dalam kurun waktu dua tahun mendatang. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER