Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Super Air Jet Ungkap Fakta Unik Ramp Check Pesawat Airbus 320 untuk Arus Balik Lebaran

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Arus balik Lebaran juga menyebabkan peningkatan signifikan jumlah penerbangan. SUPER AIR JET telah meningkatkan frekuensi penerbangan atau menambahkan rute penerbangan untuk memenuhi tingginya permintaan pasca Hari Raya Idul Fitri.

Kini tradisi baru adalah “mudik dengan pesawat udara”. Kalangan muda mudi memilih untuk mudik dengan pesawat udara untuk menghemat waktu dan mempercepat perjalanan.

Untuk menerbangkan para tamu super (sebutan penumpang), SUPER AIR JET tetap menjalankan ramp check secara teratur pada setiap pesawat sebelum keberangkatan.

Ramp check atau pemeriksaan ramp merupakan pemeriksaan fisik yang dilakukan pada pesawat sebelum keberangkatan untuk memastikan pesawat dan sistemnya berfungsi dengan baik. Pemeriksaan ini dilakukan oleh petugas yang terlatih dan dilakukan sesuai dengan protokol keselamatan yang ketat.

“Tujuan dari ramp check dari SUPER AIR JET adalah memastikan bahwa pesawat dalam kondisi baik dan aman untuk dioperasikan. Serta mengidentifikasi potensi kendala pada operasional penerbangan,” terang Direktur Utama SUPER AIR JET, Ari Azhari, Rabu (26/4).

Ramp check menjadi prosedur pemeriksaan fisik pada pesawat sebelum keberangkatan. Pemeriksaan ini dilakukan oleh petugas yang terlatih dan dilakukan sesuai dengan protokol keselamatan yang ketat. 

Terdapat beberapa alasan mengapa ramp check sangat penting untuk dilakukan pada pesawat Airbus 320-200. Pertamaramp check mencakup pemeriksaan sistem pesawat seperti sistem mesin, sistem bahan bakar, sistem navigasi, sistem pendaratan dan sebagainya.

Jika ada masalah atau kerusakan yang ditemukan pada pesawat, maka dapat diatasi sebelum pesawat berangkat. Sehingga pesawat dalam kondisi prima.

Kedua, SUPER AIR JET menjalankan kepatuhan dengan regulasi. Ramp check merupakan persyaratan yang diatur oleh regulasi penerbangan dalam menjamin keamanan penerbangan. 

SUPER AIR JET memenuhi ketentuan regulator dalam menjaga keselamatan penumpang dan kru selama penerbangan.

Ketiga, ramp check juga merupakan bagian dari pemeliharaan pesawat yang teratur. Dengan melakukan pemeriksaan secara teratur, SUPER AIR JET dapat memastikan bahwa pesawat dalam kondisi yang baik dan aman untuk terbang.

Baca juga: Super Air Jet Terbangi Rute Terbaru dan Favorit di 2022

SUPER AIR JET mengimplementasikan beberapa persiapan oleh petugas pemeriksa atau teknisi.

Pemeriksaan kelengkapan dokumen penerbangan.

Petugas pemeriksa harus memastikan, semua dokumen terkait dengan pesawat dan penerbangan telah disiapkan dan tersedia. Dokumen tersebut meliputi manual pesawat, dokumen penerbangan, dan dokumen pemeliharaan.

Persiapan alat dan peralatan pendukung penerbangan.

Petugas pemeriksa harus mempersiapkan alat dan peralatan yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan ramp. 

Pemeriksaan pesawat dari luar (exterior)

Memeriksa kondisi pesawat dari luar, termasuk pemeriksaan visual untuk memastikan bahwa tidak ada kendala atau kerusakan pada badan pesawat, sayap, ekor, dan bagian lainnya.

Pemeriksaan pesawat dari dalam (interior)

Pengecekan kondisi pesawat dari dalam, termasuk pemeriksaan sistem kelistrikan, sistem bahan bakar, sistem kabin, dan sistem lainnya.

Pengujian sistem peralatan pesawat.

Menguji sistem pesawat seperti sistem mesin, sistem navigasi, sistem pendaratan dan sebagainya untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi baik dan normal.

Pemeriksaan sistem pengisian bahan bakar

Pengecekan prosedur pengisian bahan bakar pada pesawat dan memastikan bahwa kualitas bahan sesuai dengan standar.

Pemeriksaan kondisi kru

Harus melakukan koordinasi dengan kru pesawat untuk memastikan bahwa pemeriksaan ramp dapat dilakukan dengan aman dan efektif. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER