Selasa, 19 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bitcoin Pizza Day, Apa Itu dan Efek ke Harga Kripto

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Anda mengenal Bitcoin Pizza Day? Apakah Bitcoin Pizza Day akan menaikkan harga?

CEO Indodax, Oscar Darmawan mengatakan, ada beberapa momentum penting terkait Bitcoin. Tidak hanya Halving Day, Bitcoin juga memiliki sejarah yang disebut Bitcoin Pizza Day. 

Dia menjelaskan Bitcoin mengalami sejarah yang cukup unik berkenaan dengan pembelian piza. Bitcoin pertama kali ditransaksikan ditukarkan dengan Pizza pada tahun 2008. 

“Momentum unik ini pun akhirnya diberi nama Bitcoin Pizza Day, diperingati setiap tanggal 22 Mei setiap tahunnya,” sebutnya, Jumat (19/5). 

Oscar menambahkan, saat itu minerdan programmer Bitcoin yang berasal dari Florida bernama Laszlo Hanyecz berpikir menukar 10.000 BTC dengan piza. 

Laszlo mengiklankan hal tersebut di forum Bitcointalk untuk membeli dua pizza dengan imbalan 10.000 Bitcoin. Tawaran tersebut diterima oleh seseorang dan dengan cepat orang tersebut mengirimkan dua pak pizza Papa John ke Laszlo dan mendapatkan 10.000 BTC. 

Baca juga: Tembus Tertinggi Hingga US$ 30.000, Ini Dua Faktor Pendorong Harga Bitcoin  

Sejak adanya transaksi itulah setiap tanggal 22 Mei dirayakan sebagai Bitcoin Pizza Day oleh para komunitas kripto.

Namun, Oscar mengungkapkan jika Bitcoin Pizza Day belum tentu menaikkan harga Bitcoin. Karena penentu sebenarnya adalah harga market yang berdasarkan supply dan demand.

“Jika Bitcoin memiliki pergerakan yang masif seperti adopsi Bitcoin oleh suatu institusi ataupun pembelian Bitcoin oleh orang terkemuka kurang lebih akan menginfluence banyak orang untuk membeli Bitcoin,” tambah Oscar

Namun dari segi historis, di tahun lalu, Bitcoin sempat mengalami kenaikan sekitar 5 % dari tanggal 22 Mei 2022-31 Mei 2022. Jika dilihat tahun ini, harga Bitcoin kemungkinan besar masih akan mengalami kenaikan tipis. Namun, bukan berarti ini dipengaruhi oleh momen Bitcoin Pizza Day.

“Jadi, trader dan investor perlu berhati-hati dan melakukan riset mendalam soal momen-momen penting Bitcoin,” jelasnya.

Menurutnya, Bitcoin Halving day yang akan terjadi pada tahun depan adalah momentum penting yang akan menaikkan harga. Karena semakin terbatasnya supply atau pasokan Bitcoin di mining zone.

Tetapi, tetap harus hati-hati melihat halving day. Karena yang terpenting adalah menajemen keuangannya. Jika, manajemen keuangan sudah baik, seorang investor atau trader pun bisa mendapatkan keuntungan, bahkan saat harga Bitcoin turun. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER